Penghitungan suara tingkat kelurahan

Proses penghitungan suara Pilkada Wali Kota Bengkulu, Kamis (20/9) (FOTO ANTARA)

....Penghitungan perolehan suara pemilihan kepala daerah wali kota/wakil wali kota Bengkulu 2012, mestinya dilakukan di kantor kelurahan masing-masing, namun saat ini dilaksanakan di kantor panitia pemilihan kecamatan....
Berita Terkait
Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Penghitungan perolehan suara pemilihan kepala daerah wali kota/wakil wali kota Bengkulu 2012, mestinya dilakukan di kantor kelurahan masing-masing, namun saat ini dilaksanakan di kantor panitia pemilihan kecamatan.

"Kami terpaksa melakukan pleno hasil perolehan suara pada tingkat tempat pemungutan suara (TPS) di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," kata ketua TPS 2 Sukarami Bahrai, di Bengkulu, Kamis.

Pengesahan hasil suara tingkat kelurahan itu dilakukan di kantor camat, karena instruksi Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Baharuddin Andi demi keamanan.

Ia mengatakan, hasil pengesahan suara tingkat kelurahan itu harus selesai hari ini, karena akan diplenokan lagi pada tingkat kecamatan, kemudian diantar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu untuk disahkan secara resmi.

"Dengan pola tersebut kami merasa aman dari ancaman keributan  berbagai saksi sebelas calon wali kota pada tingkat kelurahan," ujarnya.

Seorang petugas keamanan di tingkat Kecamatan Muarabangkahulu Ipda pol Syaifudin mengatakan, pleno perhitungan suara pada tingkat kelurahan di Kota Bengkulu seluruhnya dilakukan di kantor camat masing-masing.

Hal itu sesuai instruksi Kapolda Bengkulu demi keamanan kotak suara dan petugas tingkat kelurahan, terkait ada keributan kecil pada hari pencoblosan, Rabu (19/9) di wilayah itu.

Anggota KPU Kota Bengkulu Isfal Andri mengatakan, berdasarkan penghitungan suara KPU dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bahwa Pilkada Kota Bengkulu terjadi dua putaran.

Pada putaran kedua itu akan bertarung pasangan nomor urut 1 Helmi Hasan-Linda dengan perolehan sekitar 26,75 persen dan pasangan Ahmad Kanedi-Dani Hamdani perolehan suara 24,92  persen.

Sedangkan pasangan lainnya Leny Jhon Latif 18,09 persen dan pasangan Basri Muhammad-Hutapiah 11,38 persen, tujuh pasangan lainnya rata-rata di bawah sepuluh persen suara.

Warga tidak memilih sebanyak 35 persen dari total suara pemilih tercatat 243.912 orang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), ujarnya.(T.Z005/T013/Ant)

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar