Rumah budaya Indonesia akan didirikan di mancanegara

id rumah budaya, indonesia dirikan mumah budaya di mancanegara

Rumah budaya Indonesia akan didirikan di mancanegara

Indonesia akan bangun rumah budaya di mancanegara (FOTO ANTARA)

....Kabupaten/kota bisa memanfaatkan keberadaan simpul-simpul rumah budaya mancanegara untuk melakukan promosi kebudayaan dan melakukan kerja sama dengan lembaga kebudayaan yang ada di negara tersebut....
Temanggung (ANTARA Sumsel) - Rumah budaya Indonesia akan didirikan di mancanegara di 10 negara yakni Jepang, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Timor Leste, Mesir, Brazil, India, dan China.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Kebudayaan, Windu Nuryanti di Temanggung, Jumat, mengatakan rumah budaya mancanegara merupakan pusat kebudayaan Indonesia di luar negeri di negara-negara yang strategis.

"Hal ini diperlukan, karena setiap hari Indonesia ini kebanjiran pusat-pusat kebudayaan asing. Di Jakarta itu ada puluahan pusat kebudayaan asing," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Indonesia juga perlu berperan aktif dalam rangka diplomasi budaya di tingkat dunia sehingga pada 2013 akan mendirikan pusat kebudayaan Indonesia di 10 negara.

Menurut dia, kabupaten/kota bisa memanfaatkan keberadaan simpul-simpul rumah budaya mancanegara untuk melakukan promosi kebudayaan dan melakukan kerja sama dengan lembaga kebudayaan yang ada di negara tersebut.

Selain mendirikan rumah budaya mancanegara, katanya, pada 2013 juga akan dibangun rumah budaya nusantara di setiap provinsi mendapat dua unit.

"Kabupaten/kota silakan mengajukan proposal nanti akan dilakukan verifikasi, jika memang sesuai akan dibangun di kabupaten/kota tersebut," katanya.

Ia menuturkan, penggunaan terminologi "rumah" supaya lebih nyaman, karena rumah merupakan tempat yang paling nyaman.

"Kami menghindari kata "kantor" karena paga pukul 14.00 umumnya kantor sudah tutup, kalau rumah bisa buka 24 jam," katanya.

Windu menambahkan dalam rumah budaya ada fasilitas perpustakaan, yang berisi buku-buku tentang cerita rakyat. Pamong budaya yang ada di rumah budaya tersebut akan mendongeng, membacakan buku, menyelenggarakan berbagai lomba untuk olahrasa dan olahseni agar masyarakat kreatif.

"Program ini coba kami kembangkan, kami dekatkan pada masyarakat, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat sehingga Indonesia benar-benar menjadi negara adidaya di bidang kebudayaan," katanya.(ANT-H018)