Sumsel targetkan menanam 150 juta pohon

id menanam pohon, program gerakan menanam sejuta pohon

Sumsel targetkan menanam 150 juta pohon

Sumsel targetkan menanam 150 juta pohon (FOTO Antarasumsel.com/Doly Rosana)

....Sumsel sendiri akan mengalami penambahan target penanaman pohon pada 2013, karena hingga akhir tahun 2012 telah melampaui target....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan menargetkan 150 juta pohon dalam program "Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon 2012", kata Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan di Sumatera Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kehutanan Toni Kartiman.

"Hingga kini target 150 juta pohon masih dikejar bekerja sama dengan para pemangku kepentingan seperti perusahaan swasta, Lembaga Sosial Masyarakat, hingga para pelajar dan mahasiswa," kata Toni di Palembang, Rabu.

Target tersebut, jika hanya mengandalkan usaha pemerintah provinsi maka tidak akan tercapai, karena dana yang dimiliki sangat terbatas," katanya usai diskusi terbuka dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang itu.

Ia menerangkan, seusai amanat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan HMPI tahun 2010, maka setiap provinsi di Indonesia diharuskan menjalankan "Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon" sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Indonesia sendiri menjadi suatu negara yang diharapkan mampu menurunkan emisi gas karbon, karena memiliki keunggulan berupa luas lahan hutan.

Data terakhir Kementerian Kehutanan mencatat kawasan hutan yang tersedia mencapai 137 juta hektare meliputi hutan lindung, hutan konservasi, hutan produksi, dan termasuk lahan kritis sekitar 50 hektare.

"Gerakan menanam satu miliar pohon ini juga berdampak politis bagi Indonesia karena negara-negara donor sangat peduli akan isu lingkungan. Artinya jika negara kita melakukan aksi penyelamatan maka dukungan dari dunia internasional dalam berbagai hal akan mengalir," katanya.

Upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat itu telah digalakkan Kementerian Kehutanan sejak tahun 2007 yang berdampak positif dalam mengurangi laju kerusakan hutan.

Ia menyebutkan, kegiatan diawali dengan Aksi Penanaman Serentak Indonesia (2007 dan 2008), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (2007), Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (2008), serta Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree - 2009), dan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon (2012).

Sumsel sendiri akan mengalami penambahan target penanaman pohon pada 2013, karena hingga akhir tahun 2012 telah melampaui target.

Demikian juga secara nasional karena gerakan menanam pohon dalam dua tahun terakhir selalu melebihi target minimal satu miliar pohon, dengan tertanam sebanyak 1,3 miliar pohon (2010) dan 1,5 miliar pohon (2011).

"Hingga akhir Oktober 2012 realisasi penanaman telah mencapai 732 juta pohon atau sebesar 70 persen, pemerintah optimistis target telah terlampaui saat ini karena data bulan November belum termasuk," katanya.
(Doly)