Tujuh negara ikuti kejuaraan voli pantai Asia Pasifik

id voli pantai, tujuh negara ikut kejuaraan voli pantai, voli pantai asia pasifik

Tujuh negara ikuti kejuaraan voli pantai Asia Pasifik

Selamat Mulyono (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tujuh negara memastikan diri sebagai peserta Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik di Palembang, 19-22 April 2012.

"Sementara ini ada tujuh negara yang sudah memastikan ikut yakni Indonesia sendiri sebagai tuan rumah, Thailand, Singapura, Kazakstan, Australia, Selandia Baru, dan Malaysia," kata Ketua Bidang Voli Pantai Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Slamet Mulyono yang sekaligus menjadi ketua bidang pertandingan kejuaraan itu di Palembang, Selasa.

Ia yang dijumpai seusai rapat dengan perwakilan Pemerintah Provinsi Sumsel mengatakan, secara kualitas terjadi perbaikan mengingat tim-tim yang ambil bagian merupakan yang terbaik di kawasan Asia Pasifik.

Tim Indonesia dari sektor putra pun cukup disegani karena beberapa kali masuk dalam persaingan empat besar Asian Games.

"Cukup mengejutkan bagi pelaksana kejuaraan karena Kazaktan mau ambil bagian karena tim putranya saat ini sangat disegani. Jika pendekatan dengan Jepang berhasil dan bersedia ambil bagian, maka kejuaraan ini akan benar-benar lengkap," ujarnya.

Untuk menaikkan gengsi kejuaraan itu, pihaknya pun berupaya menarik minat negara-negara lain, di antaranya Hong Kong, Iran, dan Jepang.

"Pendaftaran peserta diperpanjang hingga 10 April karena sejumlah negara yang diberikan undangan bersedia ikut serta, tapi belum sempat mendaftar. Palembang cukup memiliki daya tarik karena hadiah yang ditawarkan cukup besar, dan arena pertandingan yang berstandar internasional," katanya.

Sebelumnya, Sumsel telah menggelar ajang itu sebanyak dua kali yakni 2011 (persiapan menjadi tuan rumah SEA Games) dan 2012, dengan diikuti negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur.

Pada 2012, sebanyak 20 tim putra dan putri dari 11 negara ambil bagian meramaikan kejuaraan yang sudah masuk agenda Asian Volleyball Confederation (AVC) ini.

Indonesia sendiri akan mengirimkan tiga tim putra yakni pasangan Koko-Chandra, Dian-Pahri, I Wayan-Bastomi, sementara tiga tim putri terdiri dari pasangan Ayu-Dita, Putu-Fitri, dan satu tim dalam proses seleksi.