Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan akan menggelar kejuaraan internasional dayung tingkat ASEAN nomor kano di Palembang, 30 Juni - 2 Juli 2013, kata Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia Sumsel Eva Ruliningtias

"Pengurus Besar PODSI dan KONI Sumsel telah sepakat menggelar kejuaraan terbuka, saat ini panitia penyelenggara sedang mematangkan persiapannya," kata Eva di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan, penyelenggara tidak mendapatkan kendala teknis untuk arena pertandingan mengingat Sumsel memiliki sarana olahraga air bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Arena itu bahkan telah dua kali digunakan untuk penyelenggaraan seri kejuaraan dunia ski air dan wakeboard, serta perhelatan SEA Games tahun 2011.

"Para perserta direncanakan menginap di wisma atlet yang berada satu kompleks dengan arena pertandingan sehingga akan mempermudah panitia penyelenggara karena tidak perlu direpotkan oleh permasalahan transfortasi," ujarnya.

Menurutnya, selain telah mengagendakan kejuaraan internasional, Sumsel juga telah ditetapkan sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional Dayung Junior 2013 yang dijadwalkan pada 27-29 Juni.

"Dua kegiatan berbeda level ini akan diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan untuk keefektifan kerja panitia pelaksana," katanya.

Ia menambahkan, atlet Sumsel berpeluang mewakili Indonesia pada kedua ajang itu, hanya saja untuk ASEAN Open Canoeing harus bersaing dengan atlet-atlet dari provinsi lain.

Hal itu lantaran Sumsel kesulitan mencetak atlet kano mengingat membutuhkan waktu relatif lama untuk bisa memiliki jago cabang olahraga yang mengandalkan keterampilan tersebut.

Keadaan ini berbeda dengan nomor dayung yang lebih mengandalkan tenaga, sehingga faktor usia sangat memengaruhi.

"Secara umum peluang Indonesia dalam kejuaraan ini cukup besar, karena memiliki atlet andalan dari Papua. Pesaing terberatnya nanti berasal dari Fhilipina, Thailand, dan Vietnam," katanya.

Sumsel memiliki sejumlah agenda olahraga tingkat nasional dan internasional sejak menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011.

Belum lama ini, daerah berpenduduk sekitar 8 juta jiwa itu menggelar Kejuaraan Internasional Triathlon dan Duathlon ITU Premium di Palembang (30-31 Maret 2013), Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik (19-22 April 2013), Asian Basketball League (26 April 2013), dan Kejuaraan Dunia Ski Air (3-5 Mei 2013).

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar