Istana Bogor "Open" diminati wisatawan asing

id istana bogor, istana open, diminati, wisatawan

Istana Bogor "Open" diminati wisatawan asing

Istana Bogor (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/13)

...Kegiatan Istana Open digelar setiap tahun dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) yang tahuh ini berusia 531 tahun...
Bogor (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 7.000 orang telah mengunjungi Istana Bogor dalam kegiatan "Istana Open" selama dua hari yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor.
         
"Pada hari pertama ada 3.000 orang disusul 4.000 orang di hari kedua," ujar Istiadi, koodinator pendaftaran masuk Istana Bogor, Rabu.
        
Ia menyebutkan, jumlah pengunjung yang ingin masuk Istana Bogor terus meningkat dan diperkirakan pada hari ketiga pelaksanaan Istana Open jumlah pengunjung akan bertambah.
         
Sementara itu, jumlah pendaftar yang ingin mengikuti kegiatan Istana Apen hingga Selasa (18/6) sudah tercatat lebih dari 33.000 orang.
         
Pelaksanaan kegiatan Istana Open berlangsung selama lima hari mulai 17 hingga 20 Juni dan 22 Juni.
         
Menurut Istiadi, pengunjung didominasi oleh rombongan dari sekolah yang diikuti para pelajar dan guru, disusul masyarakat umum serta wisatawan.
         
Dikatakannya, para pengunjung yang hadir tidak hanya datang dari Bogor tapi dari berbebagi daerah seperti Lampung, Kalimantan dan Jawa, bahkan dari mancanegara.
         
"Hari pertama Istana Open ada wisatawan Ceko dan Denmark yang ikut ambil bagian dalam kunjungan ke Istana Bogor," ujarnya.
         
Istadi mengatakan, pemberangkatan masuk ke Istana Bogor dimulai dari halaman Gedung Kemuning Gading Jalan Kapten Muslihat.
         
Setiap harinya diberangkatkan delapan rombongan, dimana setiap rombongan berisi antara 300 sampai 500 orang.  
 
 "Kami masih membuka pendaftaran sampai berakhirnya kegiatan Istana Open pada 22 Juni mendatang," kata Istadi.
         
Ia menambahkan, kegiatan Istana Open bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melihat dari dekat bangunan yang mengandung nilai sejarah bagi Bogor dan Indonesia pada umumnya.
         
"Kegiatan Istana Open digelar setiap tahun dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) yang tahuh ini berusia 531 tahun. Tahun ini merupakan tahun keenam diselenggarakannya Istana Open," katanya.
         
Sementara itu, salah satu pengunjung, Iva dari Republik Ceko mengaku sangat mengagumi Istana Bogor karena memiliki banyak lukisan yang indah.
         
"Saya mengagumi lukisan-lukisan yang ada di dalam Istana Bogor," ujarnya.

Menurut Iva, ia juga memiliki rasa bangga karena ada lampu kristal pemberian negaranya yang dipajang di Istana Bogor.
         
"Saya bangga, ada pemberian dari negara saya yang dipajang di Istana Bogor itu," ucapnya.