Cabang menembak diajukan dipertandingkan di ISG 2013

id olahraga menembak, cabang menembak, menembak, isg 2013

Cabang menembak diajukan dipertandingkan di ISG 2013

Atlet menembak Sumatera Selatan membidik sasaran tembak pada latihan nomor Air Pistol dan Air rifle Match di shooting range Jakabaring Sport City Palembang, Minggu (2/9). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Indonesia mengajukan cabang olahraga menembak dipertandingkan pada Islamic Solidarity Games di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, karena Sumatera Selatan sebagai tuan rumah memiliki arena bertaraf internasional.

"Indonesia mengajukan menembak karena memiliki Stadion Menembak di Kompleks Olahraga Jakabaring yang telah berstandar internasional dan terbaik di Asia Tenggara. Jika tidak digelar dirasakan sayang sekali," kata Sekretaris Umum KONI Sumatera Selatan Maryamah di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, pengajuan cabang olahraga menembak itu dilatari juga keinginan Indonesia menggantikan cabang olahraga senam karena terkendala pada ketersediaan peralatan pertandingan.

Peralatan pertandingan senam yang tersedia di Gedung Olahraga Ranau Kompleks Olahraga Jakabaring terbilang tidak lengkap, karena sebagian besar telah dibawa ke Jakarta oleh Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia seusai pelaksanaan SEA Games tahun 2011.

Jika pun tetap akan digelar maka Indonesia harus menyediakan peralatan tersebut dalam waktu hanya dua bulan, mengingat Islamic Solidarity Games (ISG) akan digelar pada akhir September 2013.

"Indonesia baru mengajukan dan masih menunggu jawaban dari federasi ISG tingkat dunia mengenai keinginan menggelar menembak ini," ujarnya.

Ia menambahkan, pada perhelatan olahraga negara-negara Islam anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) direncanakan  mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Ke-13 cabang olahraga itu, atletik, bola voli indoor, bola voli pantai, bola basket, wushu, taekwondo, karate, senam, renang, bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, dan angkat besi.

"Arena pertandingan sebagian besar akan dipusatkan di Kompleks Olahraga Jakabaring meskipun terdapat beberapa cabang olahraga berada di hotel," ujarnya.

Sumatera Selatan ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Agama Surya Dharma Ali, dan instansi terkait di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Provinsi yang menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 ini hingga kini masih menunggu payung hukum berupa penetapan resmi selaku tuan rumah ISG dari presiden melalui Keppres.

Sekitar 2.000 orang atlet dan 2.500 orang ofisial dari 25 negara akan ambil bagian pada ajang olahraga edisi ke-3 itu.