Gelombang laut Babel mulai normal

id gelombang laut, gelombang laut babel, cuaca, laut, bmkg

Gelombang laut Babel mulai normal

Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) (Antarasumsel.com)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan pada Kamis (6/2) kondisi ketinggian  gelombang laut di perairan daerah ini berangsur-angsur mulai normal.

"Ketinggian gelombang laut di Babel sekarang mencapai dua meter lebih rendah dari beberapa hari sebelumnya yang mencapai empat hingga lima meter," kata staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, kondisi gelombang ini tetap harus diwaspadai para nelayan tradisional dengan bobot kecil saat melaut.

"Nelayan tradisional berperahu kecil diharapkan tetap berhati-hati dengan ketinggian gelombang ini saat melakukan aktivitas di laut terutama di jalur pelayaran Babel," ujarnya.

Ia menambahkan, kecepatan angin diperairan ini berkisar antara 15 hingga 35 kilometer per jam dari barat laut menuju utara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit cuaca, seluruh daratan di Babel diprakirakan berawan dan tidak berpotensi turunnya hujan.

"Dari enam Kabupaten kota di Babel kondisi cuaca berawan dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 28 kilometer per jam,"kata Omar.

Demikian juga suhu udara didaratan ini, lanjut Omar, mencapai 32 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar 57 hingga 96 persen.

Ia menambahkan, Pasang air laut diperairan Babel mencapai 1,98 meter yang berpotensi terjadi di Membalong kabupaten Belitung pada pukul 05.00 WIB.

"Pasang air lau di perairan Babel lainnya yakni Kabupaten Bangka mencapai ketinggian 1,77 meter, Bangka Barat 0,76 dan Belitung Timur 1,54," katanya.