Wartawan senior: Gubernur Sumsel pantas terima penghargaan

id wartawan senior, wartawan senior palembang, penghargaan, hpn, gubernur sumsel

Wartawan senior: Gubernur Sumsel pantas terima penghargaan

Gubernur Sumsel berbincang-bincang dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.(FOTO ANTARA/14)

...Penghargaan insan Pers sudah sepantasnya diterima Gubernur Alex Noerdin dan diharapkan dapat lebih meningkatkan kepeduliannya kepada wartawan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah wartawan senior di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menilai gubernur provinsi setempat Alex Noerdin pantas menerima penghargaan dari wartawan pada Hari Pers Nasional ke-68 di Kota Bengkulu, Minggu.

"Penghargaan insan Pers kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebagai pelopor Sekolah Jurnalisme Indonesia serta perintis Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pantas diterimanya," kata salah seorang wartawan senior Romzy AB di Palembang, Minggu.

Menurut dia, sangat jarang kepala daerah setingkat gubernur memberikan perhatian yang sangat besar kepada wartawan.

Perhatian seorang gubernur terhadap peningkatan kualitas wartawan dengan mempelopori penyelenggaraan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) yang sekarang ini menjadi program nasional dan pada momentum Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2014 ini mendukung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merintis pembangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN (CAJET) di Palembang merupakan perbuatan yang patut diapresiasi, kata wartawan senior yang kini membina Pers kampus Universitas Bina Darma Palembang itu.

Begitu juga menurut wartawan senior lainnya Abadi Tumenggung, penghargaan insan Pers sudah sepantasnya diterima Gubernur Alex Noerdin dan diharapkan dapat lebih meningkatkan kepeduliannya kepada wartawan.

Selain kualitas wartawan diharapkan ke depan gubernur memberikan perhatiannya dalam meningkatkan kualitas kehidupan insan Pers dan keluarganya, karena sekarang ini kehidupan wartawan sebagian besar masih banyak yang memprihatinkan, kata Abadi.

Sebelumnya, pengurus PWI Pusat Akhmad Kusaeni didampingi Atal S Depari menjelaskan, organisasi profesi wartawan tersebut menganugerahi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dengan penghargaan pelopor Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) dan perintis CAJET pada HPN di Bengkulu, 9 Februari.

Penyerahan penghargaan kepada kepala daerah dan tokoh yang peduli terhadap pers nasional dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kusaeni menjelaskan, Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) yang sedang dikembangkan PWI di setiap provinsi di Tanah Air, pertama kali digagas Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada HPN 2010.

"Alex Noerdin selaku kepala daerah yang berupaya meningkatkan kualitas wartawan di daerah yang dipimpinnya melalui pendidikan khusus yang sekarang dikenal dengan SJI, perlu diapresisi dengan perhargaan tinggi dari PWI," ujarnya.

Selain SJI untuk wartawan dalam negeri, Gubernur Alex Noerdin juga mendukung pendirian Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN di Kota Palembang yang kegiatan perdananya dijadwalkan berlangsung pada 10 - 12 Februari 2014, kata Kusaeni yang juga Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara.