Kapolres: kasus penembakan anggota polisi ditangani Polda Sumsel

id penembakan, kasus penembakan anggota polisi

Kapolres: kasus penembakan anggota polisi ditangani Polda Sumsel

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Kepala Kepolisian Resor Musirawas, Sumatera Selatan  AKBP Chaidir, mengatakan bahwa kasus penembakan anggota polisi ditangani Kepolisian Daerah Sumsel terkait dengan langkah menjerat pelakunya.

"Kasus tewasnya Brigadir Polisi Ekwanto hingga saat ini masih dalam penyelidikan Bidang Propam Polda, untuk mengusut dugaan salah tembak oleh rekan korban," katanya di Musirawas, Kamis.

Ia mengatakan kasus dugaan salah tembak itu, sudah direkonstruksi di tempat kejadian perkara pada Rabu (12/2).

Penyelidikan selanjutnya, katanya, sepenuhnya dilakukan oleh jajaran Bidang Propam Polda Sumsel.

Ia menjelaskan anggota tim Buser Polres Musirawas Brigpol Ekwanto tewas tertembus peluru rekanya sendiri saat penggerebekan bandit di Desa Maur Baru, Kecamatan Rupit, beberapa hari lalu.

Mengenai dugaan tersebut, pihak Polres Musirawas menyerahkan penyidikan sepenuhnya ke Polda Sumsel agar transparan dan objektif.

"Saya dan Kasat Reskrim sudah sampaikan mengenai kronologis penangkapan, memang diakui ada ketidaksempurnaan dalam pelaksanaan tugas oleh anggota, kami minta maaf langsung kepada keluarga almarhum," ujarnya.

Terkait dengan persoalan tersebut, Polres Musirawas tidak menutup-nutupi kasus tersebut.

Ia menjelaskan bahwa jika memang ada kelalaian dalam menjalankan tugas maka proses penyidikan dilakukan oleh Polda Sumsel.

"Saya sampaikan secara transparan ke istri almarhum tentang peristiwa bersama Kasat Reskrim dan Tim Buser yang bertugas saat itu tentang kronologis sebenarnya, sedangkan untuk publik akan kami sampaikan setelah ada penyelidikan dari Polda Sumsel," katanya.

Hingga saat ini, Kasat Reskrim, Kanit Buser, dan lima orang anggota yang melaksanakan tugas bersama korban saat itu, sedang menjalani pemeriksaan di polda terkait dengna masalah tersebut.

Kasubdit III Propam Polda Sumsel AKBP Kristovo mengatakan tim sudah melakukan rekonstruksi di TKP.

Pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan tersangka anggota yang diduga salah tembak tersebut.

Rekonstruksi itu, dilakukan setelah memeriksa lima orang saksi dari anggota Reskrim Polres Musirawas untuk mengusut siapa sebenarnya pelaku penembakan terhadap Brigpol Ekwanto tersebut," katanya.