Pesilat Sumsel siap jadi andalan Indonesia

id silat, pesilat putri sumsel wulan

Pesilat Sumsel siap jadi andalan Indonesia

Atlet Pencak Silat Sumsel Wulan Dwi Mentari (Foto Antarasumsel.com/14/Humas KONI Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pesilat putri Sumatera Selatan Wulan Dwi Mentari (20) siap menjadi andalan Indonesia pada Kejuaraan Internasional Perguruan Perisai Diri ke-8 di Bali, 18-25 April 2014.

"Tentunya, tidak mau lagi sebatas semifinal seperti sebelumnya. Target di Bali semoga tembus final," kata Wulan di Palembang, Jumat.

Ia optimistis meraih hasil lebih baik berbekal pengalaman pada dua kali penyelenggaraan sebelumnya, yakni di Bandung tahun 2007 dengan meraih juara ketiga, dan di Jakarta tahun 2010 berada pada posisi keempat.

"Sebenarnya siapa lawan-lawannya sudah tahu, karena pada prinsipnya para pesilat Indonesia masih mendominasi. Tapi, saya tetap tidak boleh lengah," kata mahasiswa Universitas Sriwijaya ini.

Terkait dengan persiapan, peraih emas Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat SMA tahun 2010 ini menyatakan telah maksimal, mengingat menjalani latihan intensif dalam tiga bulan terakhir.

Menurutnya, Tim Pelatih Perguruan Perisai Diri Kota Palembang memberikan program latihan intensif karena juga mempersiapan atlet mengikuti Pekan Olarhaga Kota Palembang dan seleksi mengikuti Kejurnas pada Mei 2014.

"Untuk lawan uji tanding terbilang tidak ada masalah, karena cukup banyak. Sehingga dalam sepekan terakhir lebih difokuskan pada latihan taktik dan strategi," kata gadis berusia 20 tahun ini.

Wulan direncanakan turun pada kelas A putri (45-50 kg) kategori pertarungan. Selain mengandalkannya, Pengurus Daerah Perguruan Perisai Diri juga akan mengirimkan Widia Ayu Lestari (kelas E 65-70 kg), dan Budi Heriansyah (kelas C 55-60 kg).

Kejuaraan rutin tahunan itu sendiri akan diikuti sekitar 600 orang pesilat dari sejumlah negara, yakni Jepang, Australia, Belanda, Switzerland, Inggris, Prancis, Jerman, dan Timur Leste.