Wali Kota optimistis kelulusan UN 100 persen

id walikota, romi herton

Wali Kota optimistis kelulusan UN 100 persen

Wali Kota Palembang Romi Herton (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Romi Herton mengaku optimistis kelulusan ujian nasional tingkat menengah atas di daerah itu tahun ini mencapai 100 persen, sehingga tidak ada siswa yang mengulang.

"Upaya mendorong siswa SMA lulus ujian nasional telah dilakukan dinas terkait dengan penambahan jam pelajaran di sekolah dan meningkatkan latihan mengerjakan soal," katanya di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pemkot juga telah menerapkan sistem pendidikan standar nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

Sekolah-sekolah unggul terus bertambah sehingga pelajar kota tersebut mampu berkompetisi bukan hanya tingkat nasional, tetapi banyak yang telah berprestasi pada sejumlah perlombaan internasional, seperti olimpiade matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Ia mengatakan, fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar, seperti laboratorium dan perpustakaan juga dilengkapi secara bertahap.

Karena itu, pihaknya optimistis siswa-siswi peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA yang berlangsung 14-16 April mampu mengerjakan soal dengan benar sehingga lulus.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Julinto menjelaskan sebanyak 27.255 orang siswa-siswi SMA, MA, SMK dan paket C akan mengikuti ujian nasional.

Ujian nasional dilaksanakan pada 14-16 April di sekolah masing-masing dan sekolah induk. Sedangkan peserta ujian paket C akan mengikuti tes tersebut waktu sore, katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini persiapan pelaksanaan ujian nasional tersebut telah dilakukan secara optimal.

Soal UN telah didistribusikan pada rayon-rayon sekolah dan dipastikan tiba di lembaga pendidikan peserta UN pada Senin (14/4), tambah dia.

Dia menjelaskan, pihaknya telah mengoptimalkan pelajaran tambahan baik di sekolah maupun kursus di tempat lain bagi siswa yang akan mengikuti UN.

Uji coba ujian nasional juga telah dilakukan secara berkala dan pelajar di Palembang berhasil menyelesaikan soal dengan baik.