Peserta UN tuna netra ditambah 15 menit

id un, tuna netra dapat tambahan kerjakan soal

Peserta UN tuna netra ditambah 15 menit

Peserta tuna netra sedang mengerjakan soal ujian nasional (Foto Antarasumsel.com/14/Feni Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Peserta Ujian Nasional Tuna Netra di Kota Palembang mendapatkan tambahan waktu mengerjakan soal ujian 15 menit dibanding peserta  umum lainnya.
    
Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) A Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) Palembang, Suwardi ditemui di sela pelaksanaan Ujian Nasional (UN) menjelaskan penambahan waktu tersebut merupakan salah satu hal yang sangat disyukuri peserta.

"Seperti kita tahu, membaca huruf braile memerlukan ketelitian, dengan penambahan waktu ini sedikitnya meringankan siswa dalam menjawab semua soal ujian, katanya.

Ia menambahkan, meskipun hanya 15 menit, namun penambahan tersebut disadarinya agar peserta ujian juga dapat lebih disiplin dan memanfaatkan waktu yang ada.

Rokaya, siswi yang menjadi peserta pada ujian nasional di sekolahnya itu memulai ujian pada pukul 07.30 WIB.

Gadis berkerudung ini memerlukan beberapa waktu untuk membaca soal braille yang ada sebelum membubuhkan jawaban di lembar jawaban.

Kepala SLB itu Suwardi menyatakan keyakinannya, bila belajar dengan baik dan memanfaatkan waktu yang ada, Rokaya bisa lulus.

"Kecerdasannya rata-rata dan kami berharap dia bisa lulus ujian nasional," katanya.

Sementara, sebanyak 94.120 siswa dari sejumlah Sekolah Menengah Atas negeri dan swasta di Sumatera Selatan  melaksanakan Ujian Nasional di sekolah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumsel, Widodo di Palembang secara terpisah mengatakan bahwa hari ini mulai ujian nasional dan penyelenggaraannya dijaga ketat aparat kepolisian.(Feny)