Pesenam Sumsel berpeluang masuk Timnas SEAG

id senam, atlet senam sumsel

Pesenam Sumsel berpeluang masuk Timnas SEAG

Rtlet Senam Sumsel Iim Umaroh (Foto Antarasumsel.com/14/Doly Rosana)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sejumlah atlet senam Sumatera Selatan masih berpeluang masuk Tim Nasional SEA Games XXVIII tahun 2015 meskipun gagal dalam seleksi tahap pertama, kata Pelatih Senam Sumsel Faisal Riza.

"Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia menerapkan sistem promosi dan degradasi sebelum menetapkan tim inti SEA Games dengan menyelenggarakan tiga kali tahapan seleksi nasional," kata Faisal di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan seleksi tahap kedua direncanakan pada bulan Juni atau Agustus, sementara tahap ketiga pada Oktober 2014.

"Artinya masih ada peluang asal atlet yang sempat dipanggil pada seleksi pertama mau berlatih keras di daerah karena akan diajak untuk seleksi tahap kedua," ujarnya.

Sebanyak enam orang atlet Sumsel dipanggil mengikuti seleksi nasional Pemusatan Latihan Nasional di Jakarta, 28-30 Maret 2014, yakni tiga orang atlet artistik putra, M Ribta Quaselitus, M Abu Daud, Fajar Abdulrahman.

Kemudian, tiga orang atlet artistik putri yakni Iim Imaroh, Dewi Mustika, dan Rindu Tiara.

Menurutnya, PB Persani menetapkan bahwa hanya atlet yang berada pada urutan satu hingga enam yang berhak mengikuti Pelatnas dari tiap-tiap nomor.

Sementara itu, berdasarkan ketentuan tersebut, tiga orang atlet putra Sumsel dinyatakan tidak lulus karena Fajar Abdulrahman berada pada urutan ke-8, M Abu Daud pada urutan ke-9, M Ribta Quaselitus pada urutan ke-10.

Sementara untuk sektor putri, Faisal menyatakan belum mendapatkan penjelasan dari panitia seleksi mengenai penyebab Iim Imaroh dinyatakan tidak lulus mengingat berada para urutan ke-6.

"Pengurus Provinsi Persani berencana melayangkan surat ke Pengurus Besar untuk mempertanyakan mengapa Iim Imaroh tidak masuk karena berdasarkan perolehan angka untuk seluruh alat berada pada urutan ke-6," ujarnya.

Senam merupakan salah satu cabang olahraga andalan Sumsel karena selalu menyumbangkan medali pada perhelatan PON.

Pada PON Riau tahun 2012, Sumsel meraih satu medali perak dari nomor senam artistik putri dan satu perunggu pada nomor senam artistik putra.

Sementara itu, pada SEA Games 2011 di Indonesia, seorang atlet Sumsel yakni Iim Imaroh mampu menyumbangkan satu medali perunggu nomor beregu.