Wali kota: jangan percaya kunci jawaban UN

id romi herton, wali kota palembang

Wali kota: jangan percaya kunci jawaban UN

Wali Kota Palembang Romi Herton (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Romi Herton mengingatkan peserta ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK jangan percaya kunci jawaban yang beredar karena tidak mungkin terjadi kebocoran soal apalagi jawaban.

"Peserta ujian nasional hendaknya fokus dan percaya diri dalam mengerjakan soal jangan terpengaruh dengan isu kebocoran kunci jawaban," katanya ketika memantau pelaksanaan UN pada sejumlah sekolah, di Palembang, Senin.

Menurut dia, penyelenggara UN telah melaksanakan persiapan sampai pelaksanaan dengan optimal termasuk mengantisipasi kebocoran soal dan jawaban.

Karena itu, peserta UN hendaknya mengikuti ujian dengan konsentrasi dan percaya diri jangan sampai termakan isu beredarnya kunci jawaban.

Ia mengatakan, hari pertama pelaksanaan ujian nasional pihaknya memastikan berjalan lancar tidak ada kendala berarti.

Persiapan juga telah dilaksanakan optimal oleh panitia maupun guru yang telah mengajarkan anak-anak belajar tambahan di sekolah, katanya.

Dia menjelaskan, optimistis sebanyak 27.255 orang peserta UN tingkat SMA lulus dengan nilai baik.

Bahkan, pihaknya yakin siswa-siswi peserta UN akan mengungguli nilai nasional.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Palembang Julinto menambahkan, tidak ada peluang kebocoran soal sehingga menyebabkan beredarnya kunci jawaban.

"Apalagi setiap satu kelas peserta UN, soalnya berbeda-beda yaitu mencapai 20 paket soal," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada hambatan selama persiapan maupun pelaksanaan ujian nasional di daerah itu.

Pemantauan juga dilaksanakan sesuai dengan standar operasional yang telah ditentukan.