Ridho-Bakhtiar tetap unggul pilgub Lampung

id pilgub lampung, hitung nyata, hitung cepat, pemenang pilgub, raih suara terbanyak , pilkada

Ridho-Bakhtiar tetap unggul pilgub Lampung

Ilustrasi - Pilkada. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Hasil hitung cepat dan hitung nyata tidak jauh berbeda, semua tetap menjelaskan bahwa pasangan nomor urut 2 Ridho Ficardo dan Bakhtiar menduduki posisi utama dengan 42,02 persen...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel) - Hasil perhitungan nyata (real count) versi Lampung Institute of Governmental Studies (LoGis) menyatakan pasangan Ridho-Bakhtiar tetap unggul pada pelaksanaan pemilihan gubernur yang berbarengan dengan pemilihan legislatif 9 April 2014.
       
"Hasil hitung cepat dan hitung nyata tidak jauh berbeda, semua tetap menjelaskan bahwa pasangan nomor urut 2 Ridho Ficardo dan Bakhtiar menduduki posisi utama dengan 42,02 persen," ujar Vittorio Dwison, Tim koalisi Ridho Berbakti, di Bandarlampung, Senin.
       
Menurutnya, perhitungan nyata ini dilakukan berdasarkan copy atau catatan dari formulir C-1 yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.
       
"Real count hingga hari ini sudah 100 persen dengan kemenangan Ridho berBakti, diikuti pasangan Manzada, Berlian-Mu kemudian AMAN." kata dia.

Ia juga menyebutkan hasil itu sudah berdasarkan C-1, namun perhitungan di tingkat KPU Lampung maupun di tingkatan kelurahan dan kecamatan tetap menjadi prioritas pantauan agar suara tidak berubah.

        
Rincian data perolehan suara per kabupaten/kota update real count hingga 14 April 2014 pukul 11.30 WIB, total suara masuk 4.317.892, suara tidak sah 270.465 (6,26 persen) dengan tingkat partisipasi sebesar 73,39 persen.
       
Komposisi suara: nomor urut 1 Berlian Tihang-Mukhlis Basri 14 persen atau 604.587 suara, nomor urut 2 M Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri 42,05 persen (1.815.874 suara), nomor urut 3 Herman HN-Zainudin Hasan 30,85 persen (1.331.872), dan nomor urut 4 Alzier Dianis Thabranie--Lukman Hakim 6,83 persen (295.095).
       
Berdasarkan data, jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 dan pilgub di Lampung berdasarkan hasil ketetapan KPU sebanyak 5.876.509, yaitu pemilih tetap laki-laki sebanyak 3.015.665 orang, dan pemilih tetap perempuan sebanyak 2.860.844 orang, terbagi
pada 16.492 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kabupaten/kota seluruh Lampung.

        
Para calon gubernur-wakil gubernur Lampung berdasarkan nomor urut adalah nomor urut 1 Berlian Tihang-Mukhlis Basri (diusung PDI Perjuangan dan partai pendukung lainnya), nomor urut 2 Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri (diusung Partai Demokrat, PKS dan beberapa partai lainnya), nomor urut 3 Herman HN-Zainudin Hasan (diusung PAN dan parpol nonparlemen), nomor urut 4 Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim (diusung Partai Golkar dan koalisinya).

        
Berlian Tihang adalah mantan Sekdaprov Lampung yang didampingi Mukhlis Basri juga Bupati Lampung Barat dan Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat, sedangkan Ridho Ficardo adalah Ketua DPD Partai Demokrat Lampung yang didampingi Bakhtiar Basri yang juga Bupati Tulangbawang Barat.
       
Calon Gubernur Herman HN saat ini menjabat Wali Kota Bandarlampung, didampingi Zainudin Hasan, pengusaha yang juga adik kandung Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan calon gubernur Alzier Dianis Thabranie adalah Ketua Partai Golkar Lampung, didampingi Lukman
Hakim yang juga Wali Kota Metro.
       
KPU Lampung baru akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara pilgub Lampung--didahulukan penghitungannya dari hasil pemilu legislatif--pada 15-17 April mendatang, dan saat ini suara dari tempat pemungutan suara (TPS) dalam proses rekapitulasi berjenjang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan selanjutnya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU kabupaten/kota se-Lampung, kemudian baru dihitung di KPU Lampung.