Sekda pantau ujian nasional di Baturaja

id sekda, pantau ujian nasional di Baturaja

Sekda pantau ujian nasional di Baturaja

Sekda pantau pelaksanaan Ujian Nasional di Baturaja (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan H Marwan Sobri bersama Kepala Dinas Pendidikan Nasional setempat memantau pelaksaan Ujian Nasional di sejumlah sekolah wilayah setempat.

"Hari ini kami memantau di beberapa sekolah, salah satunya di SMA Negeri 1 Kecamatan Baturaja Timur," kata Sekda Marwan di Baturaja, Senin.

Ia mengatakan, hari pertama pelaksaan Ujian Nasional (UN) tersebut diharapkan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Kepala Dinas Pendidikan Nasioanal (Kadiknas) Ogan Komering Ulu (OKU), Mahyudin Helmi menambahkan, pada UN hari ini diikuti sebanyak 4.880 pelajar di wilayah setempat terdiri atas tingkatan SMA, SMK dan MA negeri mapun swasta.

Terkait adanya isu bocoran soal UN, ia mengimbau kepada seluruh siswa agar tidak mempercayai hal tersebut, karena semua lembar soal dalam keadaan disegel.

"Waktu membuka soal dari segel disaksikan oleh Tim Pengawas Independen (TPI) Unsri," kata Mahyudin.

Ditegaskannya, semua siswa agar dapat mematuhi peraturan saat proses UN seperti tidak membawa telepon genggam (hp) ke dalam ruangan ujian serta mencontek guna ketertiban dan kelancaran.

"UN kali ini terdapat sembilan subrayon terdiri atas tingkat SMA enam subrayon, SMK dua subrayon dan Madrasah Aliyah (MA) satu subrayon," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Anwar menyatakan, siswa di sekolah itu yang mengikuti UN tingkat SMA sebanyak 276 orang kelas IPA dan IPS.

Ia menjelaskan, ujian yang digelar selama tiga hari tersebut, mewajibkan seluruh siswa mengerjakan dua mata pelajaran setiap pelaksaan.

"Setiap mata pelajaran siswa diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan soal. Kalau jumlah soal saya belum mengetahuinya karena soal UN dalam keadaan tersegel, namun biasanya 50 soal yang dikerjakan," jelasnya.

Sementara, pelakasanaan ujian nasional tahun ini selain diawasi oleh guru di sekolah setempat, juga mendapat pengawasan dari pihak Universitas Sriwijaya (Unsri) sebanyak tiga orang.

Ia berharap, UN pada 2014 khususnya di SMA yang ia pimpin berjalan lancar, tertib serta aman dan menargetkan seluruh peserta lulus 100 persen.

Sementara, sebanyak 94.120 siswa dari sejumlah Sekolah Menengah Atas negeri dan swasta di Sumatera Selatan melaksanakan Ujian Nasional di sekolah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumsel, Widodo di Palembang secara terpisah mengatakan bahwa hari ini mulai ujian nasional dan penyelenggaraannya dijaga ketat aparat kepolisian.(E Permana)