Pemprov pantau tahapan Pemilu Legislatif

id pemilu, pantauan tahapan pemilu legislatif

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memantau tahapan Pemilu legislatif termasuk pemungutan suara ulang melalui posko Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi Sumsel Ikhwanuddin kepada wartawan di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya selalu memantau perkembangan pelaksanaan Pemilu termasuk pemungutan suara ulang.

Pemantauan sendiri dilaksanakan melalui Posko yang didirikan di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di daerah tersebut yang bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Berdasarkan pemantauan, menurut dia, hingga sekarang ini semua pelaksanaan Pemilu berjalan lancar termasuk di kabupaten dan kota.

Pemantauan tersebut, untuk mengetahui situasi ketertiban yang ada dalam pelaksanaan Pemilu.

Jadi untuk sementara ini pelaksanaan pesta demokrasi tersebut tidak menjadi masalah dan berjalan dengan baik.

Hasil dari pemantauan akan dilaporkan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin selanjutkan disampaikan ke pemerintah pusat.

Ketika ditanya mengenai hasil perhitungan suara, dia tidak menyebutkan karena itu wewenang KPU sebagai penyelenggara.

Memang, pihaknya juga mendata hasil perhitungan suara tetapi itu untuk intern bukan untuk dipublikasikan, kata dia.

Hal ini karena pemantauan sendiri untuk melihat situasi dan kondisi ketertiban dalam masyarakat dan bila akan timbul gejolak pihaknya dapat mengantisipasi secepat mungkin.

Pendirian posko tersebut sesuai surat edaran Pemerintah Pusat agar Pemerintah Provinsi termasuk kabupaten dan kota memantau perkembangan Pemilu.