Polres Lubuklinggau fokus pada pengamanan PPK

id polres, polres lubuklinggau

Polres Lubuklinggau fokus pada pengamanan PPK

Polres Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Polres Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, terfokus pada pengamanan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan karena banyak massa pendukung calon legislatf memantau pelaksanaan tersebut.

Kerumunan massa pendukung calon legislatif (Caleg) itu terjadi sejak beberapa hari terakhir antara lain sempat mengepung kantor Camat Lubuklingga Timur II (14/4) dengan jumlah ratusan orang, kata Kapolres Kota Lubuklinggau, AKBP Dover Ckristian Lumban Gaol, Rabu.

Untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan anarkis, polisi dikerahkan menyisir (sweeping) massa tersebut satu persatu dan ternyata ditemukan beberapa orang membawa senjata tajam.

Dalam penyisiran itu petugas berhasil mengaman dua massa membawa senjata tajam dari dua kubu caleg, selain itu petugas juga menemukan senjata tajam disimpan di dekat kantor camat tersebut.

Kemudian petugas juga menemukan satu botol berisi bensin disimpan dalam jok motor, ratusan batu koral disimpan dalam mobil pick up.

Namun setelah pemiliknya diamankanm, mereka beralasan bahwa botol berisi bensin itu untuk cadangan bahan bakar motor mereka, tetapi tetap saja diamankan.

Pascadilakukan sweeping oleh aparat kepolisian itu, ratusan massa masih bertahan di sekitar kantor camat yang sedang melakukan rekab pelno suara.

"Kita juga menyiagakan ratusan personil gabungan terdiri atas Satuan Reskrim, Satlantas, Sabara, intel disiagakan di dua titik, sebagian personil ditempatkan di Kantor Camat Lubuklinggau Timur dan sebagian di Pos Pol Lubuklinggau Timur," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Kota Lubuklinggau AKP Karimun Jaya mengatakan, dua massa yang diamankan itu akan diproses karena membawa senjata tajam.

"Kita tetap meningkatkan pengamanan pada beberapa kantor camat yang sedang melakukan perhitungan suara, namun hingga saat ini masih berjalan lancar dan kondusif," ujarnya.