BMKG prediksi Sumsel tak terpengaruh elnino

id bmkg, elnino, prediksi, dampak, tidak berdampak signifikan

BMKG prediksi Sumsel tak terpengaruh elnino

Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) (Antarasumsel.com)

...Pemanasan di ekuator Samudra Pasifik dan pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini diprediksi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertanian dan aktivitas masyarakat lainnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dampak elnino tidak berpengaruh signifikan di Provinsi Sumatera Selatan.

"Pemanasan di ekuator Samudra Pasifik dan pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini diprediksi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertanian dan aktivitas masyarakat lainnya karena di provinsi ini masih terdapat cukup banyak hujan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumatera Selatan Indra Purnama di Palembang, Selasa.

Meskipun diprediksi tidak memiliki pengaruh bagi masyarakat di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota itu, dampak elnino tetap perlu diwaspadai.

"Masyarakat Sumsel tetap perlu waspada, karena indeks elnino dapat saja berubah secara drastis ke level tinggi atau kuat dan sebaliknya," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam kondisi cuaca sekarang ini, kawasan Indonesia ada yang masih hujan dan ada yang telah dilanda kekeringan.

Dalam kondisi cuaca Sumsel sekarang ini masih terdapat cukup banyak hujan, masyarakat terutama petani yang pada April ini memasuki musim tanam tahap kedua perlu melakukan berbagai antisipasi kemungkinan dampak negatif elnino.

Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, intensitas curah hujan di Sumsel pada bulan ini masih cukup tinggi berkisar 201-300 milimeter meskipun jika dibandingkan dengan bulan Maret sedikit lebih rendah yang mencapai 301-400 mm.

Dengan melakukan berbagai antisipasi, diharapkan masyarakat di provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu dapat menghadapi kemungkinan perubahan cuaca yang ekstrim serta dapat meminimalkan kerugian, kata Indra.