Pakar: Jokowi tidak siap "nyapres"

id jokowi, joko widodo, pdip, capres pdip, nyapres

Pakar: Jokowi tidak siap "nyapres"

Joko Widodo (FOTO ANTARA)

....Dulu kalau ditanya capres jawabnya nggak mikir. Nah sekarang dipikirin beneran jadi pusing kan dia....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai Joko Widodo tidak siap menjadi calon presiden karena hingga saat ini belum memaparkan visi-misinya jika terpilih menjadi presiden.

"Dulu kalau ditanya capres jawabannya (Jokowi) 'copras-capres' dan 'ndak mikir', nah sekarang saat dicapreskan juga belum pernah tahu apa visi-misinya dia (Jokowi) untuk Indonesia. Itu seharusnya masyarakat harus tahu misi apa yang akan dilakukan Jokowi," kata Hendri Satrio usai diskusi publik di Jakarta, Rabu.

Menurut Hendri, berbeda dengan capres dari partai lainnya sudah memaparkan visi-misinya kepada publik.

Saat ini, lanjutnya, mantan Wali Kota Solo tersebut sibuk melakukan komunikasi dengan partai-partai lain dengan tujuan mencari dukungan karena perolehan suara PDI Perjuangan tidak mencapai 20 persen.

"Dulu kalau ditanya capres jawabnya nggak mikir. Nah sekarang dipikirin beneran jadi pusing kan dia, karena suara partai nggak capai 20 persen. Ini tidak ada kesiapan melakukan kunjungan sana-sini. Nah Jika dia (Jokowi) capres saat ini harus diubah jawaban-jawaban seperti itu. Lain halnya Prabowo dan Ical, mereka paparkan visi-misi dia. Bagaimana caranya menjawab media, bagaimana menjawab pertanyaan publik," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan Pakar Strategi Komunikasi dari Triliant Communication Ekoputro Adijayanto. Menurut dia, Jokowi belum pernah paparkan visi-misi untuk Indonesia kedepan, bagaimana nanti dia bekerja.

"Itu harus dilakukan Jokowi, jika dia punya sifat negarawan," katanya. (A063)