Pemprov Sumsel bantu pembangunan UIN Palembang

id iain, iain raden fatah jadi uin

Pemprov Sumsel bantu pembangunan UIN Palembang

Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Raden Patah Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan berupa hibah tanah untuk pembangunan kampus Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumsel Widodo kepada wartawan di Palembang, Kamis mengatakan untuk lahan kampus UIN tersebut Pemprov Sumsel telah menghibahkan lahan seluas 35 hektare di kawasan Jakabaring.

Menurut dia, lokasi kampus UIN Raden Fatah di Jakabaring itu berdekatan dengan Masjid Raya Sriwijaya dan Islamic Centre sehingga kawasan tersebut nantinya dijadikan pusat pengembangan agama Islam.

Namun, kata dia, dibangunnya UIN tersebut karena IAIN Raden Fatah akan berubah status menjadi univesitas sehingga gedungnya segera dibangun.

Mengenai dana pembangunan UIN itu sendiri, antara lain berasal dari Islamic Development Bank atau Bank Pembangunan Islam.

Selain itu juga pendanaannya ada yang berasal dari APBN yang sudah disetujui pemerintah pusat, ujar dia.

Rencana pelaksanaan pembangunan gedung UIN Raden Fatah Palembang tersebut sudah dilaporkan Rektor IAIN Raden Fatah Palembang Prof. H. Aflatun Mucthar kepada Gunernur Sumsel Alex Noerdin.

Sebelumnya Rektor IAIN Raden Fatah Palembang mengatakan, untuk pembangunan kampus di Jakabaring nantinya akan dijadikan gedung B dan IAIN lama sebagai kampus A.