Kadiknas: SMU di Sumsel ditargetkan semua unggul

id widodo, semua smu ditargetkan menjadi unggul

Kadiknas: SMU di Sumsel ditargetkan semua unggul

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekolah Menengah Atas di Sumatera Selatan ditargetkan  semuanya menjadi unggul, karena itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar semakin baik, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo.

"Sebaiknya setiap sekolah memiliki keunggulan sendiri terutama dalam pelajaran sehingga lulusannya nantinya dapat bersaing," kata Widodo kepada wartawan di Palembang, Senin.

Sekolah unggul atau terakreditasi katagori A memang banyak yang harus dipenuhi dan itu perlu diupayakan bersama, ujar Widodo.

Menurut dia, akreditasi sekolah mencakup penilaian antara lain kurikulum, sarana dan prasarana, kelembagaan dan tenaga pengajar.

Untuk tenaga pengajar minimal ada guru yang berpendidikan S-2 sesuai ilmu dan jurusan yang diajarkan.

Begitu juga kurikulum harus ada pelajaran pengantarnya bahasa Inggris, kata Widodo.

Upaya Pemerintah Provinsi Sumsel dalam mendorong sekolah unggulan tersebut antara lain memberikan bea siswa kepada tenaga pengajar.

Menurut Widodo, para guru dan dosen diberi kesempatan untuk melanjutkan jenjang ilmunya ke lebih tinggi dengan memberikan beasiswa.

Kesemuanya itu dilakukan supaya sumber daya manusia di daerah ini semakin berkualitas, kata dia.

Apalagi Pemerintah Provinsi Sumsel lebih mengutamakan kualitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan pembangunan sehingga sekolah yang lebih baik sangat diutamakan.