BMKG prakirakan seluruh wilayah Sumsel hujan

id bmkg, prakirakan hujan, wilayah sumsel, hujan, hujan ringan hingga sedang

BMKG prakirakan seluruh wilayah Sumsel hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) (Antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan hujan ringan hingga sedang.

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, hari ini enam kota di Sumsel diprakirakan hujan ringan dan sembilan kota lainnya hujan dengan intensitas sedang," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumatera Selatan Indra Purnama di Palembang, Rabu.

Keenam kota yang diprakirakan diguyur hujan ringan, yakni Kota Martapura, Indralaya, Tebingtinggi, Palembangdan, Lubuklinggau, dan Prabumulih.

Sembilan kota lainnya yang diprakirakan hujan dengan intensitas sedang, yakni Kota Baturaja, Kayu Agung, Muara Enim, Lahat, Musirawas, Sekayu, Pangkalanbalai, Muaradua, dan Pagaralam.

Kota yang diprakirakan hujan ringan memiliki suhu udara berkisar 23-31 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 63-97 persen, kecepatan angin sekitar 25 kilometer per jam dengan arah angin sebagian besar menuju barat, kecuali Kota Palembang dan Indralaya arah angin daerah ini menuju barat laut.

Sementara itu, kota yang diprakirakan hujan sedang memiliki suhu udara berkisar 22-32 derajat Celsius, kelembapan udara berkisar 64-97 persen, kecepatan angin sekitar 30 kilometer per jam dengan arah angin sebagain besar menuju barat, kecuali Kota Kayu Agung dan Muara Enim arah anginnya menuju barat laut.

Menurut dia, wilayah Sumsel pada bulan April 2014 masih cukup sering hujan dengan intensitas curah hujan berkisar 201-300 milimeter.

Melihat intensitas curah hujan pada bulan ini hingga pertengahan Mei 2014 diprakirakan cukup tinggi, masyarakat yang berada di beberapa daerah rawan banjir dan tanah longsor diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana dampak musim hujan itu.

Selain banjir dan longsor, dalam kondisi cuaca memasuki musim peralihan (pancaroba) dari hujan ke kemarau, masyarakat diimbau juga agar mewaspadai kemungkinan terjadinya angin langkisau (puting beliung) seperti melanda beberapa daerah Sumsel akhir-akhir ini, kata Indra.