BKBPP Musi Banyuasin sosialisasikan pentingnya program KB

id kb, keluarga berencana, sosialisasi, program kb

BKBPP Musi Banyuasin sosialisasikan pentingnya program KB

Ilustrasi- Keluarga Berencana. (FOTO ANTARA/Ist/12)

...Melihat besarnya manfaat program KB, jajaran BKBPP Muba terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menyosialisasikan pentingnya program tersebut...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Musi Banyasin, Sumatera Selatan, Mufasirin Abdullah mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi pentingnya masyarakat mengikuti program KB.

"Melihat besarnya manfaat program KB, jajaran BKBPP Muba terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menyosialisasikan pentingnya program tersebut ke kawasan permukiman penduduk hingga pelosok desa," ujarnya kepada wartawan di Musi Banyuasin, Rabu.

Ia mengakui bahwa kesadaran masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti program pengendalian pertumbuhan jumlah penduduk atau keluarga berencana masih rendah.

Masih rendahnya kesadaran masyarakat mengikuti Program KB membuat Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) menggalakkan program pelayanan KB gratis, katanya.

Selain itu, program pelayanan KB gratis akan terus digalakkan dengan menurunkan unit layanan keliling yang akhir-akhir ini mulai mendapat sambutan positif, terbukti setiap digelar di kawasan permukiman penduduk yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Pelayanan KB gratis yang dilakukan di Desa Nusa Serasan dan beberapa daerah lainnya dalam sepekan terakhir mendapat sambutan yang cukup baik, ratusan warga mengikuti pelayanan tersebut.

Khusus pelayanan KB di Desa Nusa Serasan, terdapat 91 orang yang mengikuti program dengan perincian 27 ibu-ibu mengikuti program KB suntik dan 43 KB implant, kemudian lima orang menggunakan kondom, serta 16 mengikuti program KB denagn menggunakan pil.

Selain memberikan pelayanan KB gratis, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan program KB, pihaknya juga berupaya menggelar Lomba Desa Keluarga Berencana, kata Mufasirin.

Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sekarang ini perlu dikendalikan sehingga bisa seimbang dengan laju pembangunan dan kehidupan masyarakat dapat lebih sejahtera.

"Melalui KB selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak, diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga sehingga terebentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya," ujarnya.