Wapres serahkan penghargaan Lingkungan Hidup

id wapres, serahkan penghargaan lingkungan hidup

Wapres serahkan penghargaan Lingkungan Hidup

Wapres Boediono (FOTO ANTARA)

Jakata (ANTARA Sumsel) - Wakil Presiden Boediono menyerahkan penghargaan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang berprestasi bidang lingkungan hidup 2014, yaitu penghargaan Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Adipura, dan Adiwiyata Mandiri.

"Intinya adalah betapa penting menjaga bersama pemeliharaan lingkungan hidup karena kalau bukan kita siapa lagi. Tidak bisa hanya dilakukan pemerintah tapi seluruh bangsa di pemerintahan, sektor dunia usaha, pendidikan, kesehatan, penggiat lapisan masyarakat sampai ke akar rumput," kata Boediono saat memberikan penghargaan lingkungan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Hadir dalam acara itu Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Hukum dan Ham Amir Syamsuddin, Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta, serta para penerima penghargaan lingkungan hidup.

Menurut Boediono memperingati hari lingkungan hidup sedunia mengingatkan kepada kita semua bahwa semua komponen masyarakat memiliki tugas bersama menjaga lingkungan agar tidak makin rusak dan tetap dinikmati oleh generasi mendatang.

"Satu hal yang penting dalam upaya menjaga lingkungan hidup adalah adanya kebijakan yang pas dan langsung tertuju pada akar masalah dan tidak 'angot-angotan' serta konsisten tanpa harus ada gebrakan," kata Wapres.

Penghargaan Kalpataru 2014 diserahkan kepada empat kategori, yaitu Kategori Perintis Lingkungan (Mahmud Sukirno, Rusli, Zulkifli, dan Ipin), Kategori Pengabdi Lingkungan (Amrul Sadik Daga, Aiptu Al Aswandi, dan Herman Sasila), dan Kategori Penyelamat Lingkungan (Lembaga Adat teratak Air Hitam, Pengelola Hutan Adat, Letawa Sahabat Lingkungan, serta Kelompok Tani Hutan Sadar Sendiri), serta Kategori Pembina Lingkungan (PT Tidar Kerinci Agung dan Komunitas Konservasi Indonesia Warsi).

Untuk Laporan Status Lingkungan Hidup daerah (SLHD) peraih Trophy sebagai peraih nilai tertinggi kategori provinsi diberikan kepada Sumbar, jambi dan Jatim. Trophy sebagai peraih nilai tertinggi kategori kabupaten/kota diraih Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, serta Kota Sungai Penuh, Plakat penyusun laporan terbaik kategori provinsi diberikan Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumut, dan Bali, sedangkan Plakat penyusunan terbaik kategori kabupaten/kota diraih 16 kabupaten dan kota.

Untuk Anugrah Adipura Kencana 2014 diberikan kepada 10 kabupaten/kota termasuk Kota Palembang, Anugrah Adipura 2014 diberikan kepada 86 kabupaten/kota, penerima Piagam Adipura 2014 diberikan kepada 32 kabupaten/kota.

Anugrah Sarana dan Prasarana Terbaik Adiputra 2014 diberikan kepada lima taman kota, satu pasar, dua terminal, dua hutan kota, dan satu tempat pemrosesan akhir (TPA).

Sementara penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri diberikan kepada 47 SD, SMP, SMA, SMK yang tersebar di 10 provinsi yaitu Sumbar, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, serta Gorontalo.