Petani-nelayan Muba ikuti penas KTNA di Malang

id penas ktna, petani dan nelayan muba ikkuti penas ktna, ktna, kontak tani nelayan andalan, muba

Petani-nelayan Muba ikuti penas KTNA di Malang

Kabag Humas Setda Muba Dicky Meiriando. (Foto Antarasumsel,com/Yudi Abdullah/13)

...Untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam Penas KTNA di Jatim itu, 90 petani dan nelayan didampingi tim dari instansi terkait Pemkab Muba...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan petani dan nelayan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dikirim ke Malang, Jawa Timur guna megikuti Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA pada 7-12 Juni 2014.

Selama berada di Malang, tim dari kabupaten ini melakukan pameran berbagai produk yang dihasilkan petani dan nelayan, dipersiapkan mengikuti temu wicara dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, temu profesi, temu petani ASEAN, temu sukses petani, nelayan, dan penyuluh, rembuk kontak tani dan nelayan, temu karya, temu teknologi, peragaan, dan unjuk ketangkasan, kata Kabag Humas Setda Musi Banyuasin (Muba) Dicky Meiriando kepada Antara di Palembang, Minggu.

Untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV di Jatim itu, 90 petani dan nelayan yang didampingi tim dari instansi terkait Pemkab Muba tim telah melakukan berbagai persiapan secara intensif.

Pada hari pertama kegiatan, tim tersbeut dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik, kondisi itu diharapkan bisa lebih baik sehingga seluruh rangkaian acara yang digelar dalam Penas KTNA di Malang itu dapat diikuti semuanya serta memberikan manfaat bagi petani dan nelayan dalam pengembangan usahanya ke depan, katanya.

Dia menjelaskan, peserta Penas KTNA utusan Kabupaten Muba ini, sebelum diberangatkan ke Malang diberikan pembekalan secara intensif sehingga bisa tampil membawa nama baik daerah.

Dalam Penas KTNA tersbeut, pesertanya tidak hanya dari dalam negeri tetapi ada perwakilan sejumlah petani dan nelayan dari negara sahabat di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Untuk mempersiapkan petani dan nelayan kabupaten ini mengikuti beberapa acara tersebut, pihaknya melibatkan petugas Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP2TANIKHUT) serta instansi terkait.

Dengan telah dilakukannya persiapan secara maksimal, diharapkan petani dan nelayan utusan Kabupaten Muba dapat tampil sebagai peserta tebaik dalam kegiatan Penas KTNA di Kota Malang itu, sehingga mendapat perhatian dari peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri itu, kata Dicky.