Bupati Muba dampingi petani-nelayan ikuti penas KTNA

id penas ktna, ktna, kontak tani dan nelayan andalan, penas ktna di malang jawa timur, penas

Bupati Muba dampingi petani-nelayan ikuti penas KTNA

Ilustrasi - Penas KTNA di Malang, Jawa Timur. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Pahri Azhari menyempatkan diri mendampingi petani dan nelayan kabupaten setempat mengikuti Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA di Malang, Jawa Timur, 7-12 Juni 2014.

"Bupati Pahri Azhari bersama istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Muba Lucianty Pahri, Ketua KTNA Muba Abusari Burhan, dan unsur pimpinan DPRD Muba, menyempatkan diri beberapa hari mendampingi petani dan nelayan guna memberikan motivasi kepada mereka agar bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan dapat pengetahuan berharga untuk diterapkan di daerah masing-masing," kata Kabag Humas Setda Musi Banyuasin (Muba), Dicky Meiriando di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, pada Penas KTNA tersebut, Pemkab Muba mengikutsertakan 48 peserta utama, 19 peserta
magang, 23 peserta pendamping, serta 30 peserta peninjau sebagai persiapan pelaksanaan Pekan Daerah KTNA di kabupaten setempat.

Puluhan petani dan nelayan yang dikirim ke Malang, mengikuti sejumlah kegiatan bidang pertanian, olahraga,
dan cerdas cermat kelompencapir.

Selain itu, selama berada di Malang, tim dari Kabupaten Muba juga melakukan pameran berbagai produk yang dihasilkan petani dan nelayan, dan beberapa kegiatan lainnya hingga 12 Juni nanti seperti temu profesi, temu petani ASEAN, temu sukses petani, nelayan, dan penyuluh, rembuk kontak tani dan nelayan, temu karya, temu teknologi, peragaan, dan unjuk ketangkasan,

Untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV di Jatim itu, seluruh petani dan nelayan yang didampingi petugas instansi terkait Pemkab Muba tim telah melakukan berbagai persiapan secara intensif.

Pada hari pertama kegiatan, tim tersebut dapat mengikuti seluruh acara yang diagendakan panitia dengan baik seperti temu wicara dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemampuan petani dan nelayan mengikuti kegiatan Penas KTNA itu diharapkan bisa lebih baik lagi sehingga seluruh rangkaian acara dapat diikuti semuanya serta memberikan manfaat bagi mereka dalam mengembangkan usaha pertanian dan perikanan di Kabupaten Muba, kata Dicky.