Menteri Perdagangan pantau pasar tradisional Palembang

id menteri perdagangan, tinjau pasar di palembang

Menteri Perdagangan pantau pasar tradisional Palembang

Muhammad Lutfi (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan pemantauan ke pasar tradisional di Palembang untuk mengetahui perkembangan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok.

Menteri dalam pemantauan yang dilaksanakan di pasar Kilometer 5 dan Cende Palembang, Sabtu di dampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana dan pejabat lainnya.

Menteri usai melakukan pemantauan kepada wartawan mengatakan, kunjungannya ke sejumlah pasar tersebut untuk mengetahui perkembangan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang puasa.

Selain itu umumnya menjelang bulan Ramdhan harga akan mengalami kenaikan sehingga perlu terus dipantau, kata dia.

Mengenai ketersediaan kebutuahan pokok di Palembang, menurut dia, tidak menjadi masalah dan cukup hingga lebaran nanti.

Begitu juga mengenai harga masih normal walaupun ada beberapa kebutuhan yang mengalami kenaikan.

Ia mengatakan, dalam menjaga stabilitas harga pihaknya terus berupaya dengan memperbanyak distribusi kebutuhan kepada masyarakat.

Stok kebutuhan pokok harus selalu tersedia dengan jumlah banyak sehingga harga tetap stabil, termasuk pasar murah akan dilaksanakan untuk menekan kenaikan harga.

Untuk pelaksanaan pasar murah pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setiap provinsi, kabupaten dan kota seperti yang dilaksanakan di Palembang ini.

Pasar murah diharapkan menjadi penyeimbang harga bahan kebutuhan pokok karena umumnya menjelang Ramadhan dan lebaran permintaan akan meningkat.

Selain itu pelaksanaan pasar murah juga dapat membantu masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam pantauan ke pasar tersebut untuk harga telur Rp18 ribu per kg, daging ayam potong Rp32 ribu/kg, minyak goreng Rp12 ribu, gula pasir Rp11 ribu dan daging sapi Rp105 ribu perkg.

Selain memantau pasar, menteri berserta rombongan juga meninjau pasar murah di kawasan rumah susun Palembang.