Imigrasi Palembang cekal lima pejabat ke luar negeri

id imigrasi, pencekalan, cekal, pencegahan. ke luar negeri, cekal, imigrasi palembang, lakukan pengawasan di bandara

Imigrasi Palembang cekal lima pejabat ke luar negeri

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Bogi Widiantoro. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Kami telah menerima surat perintah pencegahan ke luar negeri atas nama lima orang tersebut, sementara Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri dan istrinya Suzana sudah tidak dicekal lagi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Bogi Widiantoro mengatakan pada Juni 2014 mendapat perintah dari kantor pusat untuk melakukan pencekalan atau pencegahan terhadap lima pejabat dan keluarganya bepergian ke luar negeri.

Kelima orang yang dicegah bepergian ke luar negeri itu yakni RH dan istrinya Mst, UH, YA, dan MA, kata Bogi kepada Antara di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, dalam surat perintah pencegahan bepergian ke luar negeri yang diterima pada bulan ini hanya ada lima orang yang berdomisili di Kota Palembang dan beberapa kota Sumsel lainnya menjadi perhatian petugas, karena sekarang ini sedang menjalani proses hukum seperti dugaan tindak pidana korupsi dan penyuapan.

"Kami telah menerima surat perintah pencegahan ke luar negeri atas nama lima orang tersebut, sementara Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri dan istrinya Suzana yang dicekal per 11 Desember 2013 sekarang ini sudah tidak dicekal lagi setelah masa cekalnya selama enam bulan berakhir," ujarnya.

Sementara ketika ditanya apakah ada pejabat, pengusaha, dan masyarakat umum lainnya di Sumsel yang dicekal, dia mengatakan tidak etis membicarakan nama orang di luar yang telah terpublikasi sebelumnya.

Dalam daftar cekal yang dimiliki petugas Imigrasi Palembang, tentunya tidak hanya terdapat nama lima pejabat dan keluarganya saja, banyak nama-nama lain namun tidak untuk konsumsi publik.

Orang yang masuk dalam daftar nama pencegahan bepergian ke luar negeri hanya untuk kepentingan pengawasan dan penindakan di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) seperti di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, katanya.

Menurut dia, daftar nama orang yang dicekal sebenarnya bersifat rahasia, namun karena ada pejabat seperti RH dan istrinya Mst terkait kasus dugaan suap sengketa pilkada yang menjadi konsumsi publik, sehingga tidak mungkin dirahasiakan lagi.

"Saya tidak akan mempublikasikan nama-nama orang yang masuk dalam daftar pencegahan melakukan perjalanan ke luar negeri Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia jika belum menjadi konsumsi publik," ujar Bogi.