Badan Keluarga Berencana Muba siapkan pelayanan gratis

id keluarga berencana, kb, pemkab muba dukung program kb, penegdalioan laju pertumbuhan penduduk

Badan Keluarga Berencana Muba siapkan pelayanan gratis

Pelayanan KB gratis di Kabupaten Muba. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Program pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis itu rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kabupaten setempat akan pentingnya Program KB...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, sepanjang 2014 menyiapkan program pelayanan Keluarga Berencana secara gratis di setiap kecamatan.

Program pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis itu rutin dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kabupaten setempat akan pentingnya Program KB, kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Mufasirin Abdullah di Sekayu, Senin.

Menurut dia pelayanan KB secara gratis itu pada penghujung Juni 2014 ini digelar di Desa Teluk Kijing I, Kecamatan Lais, kegiatan itu mendapat sambutan antusias warga setempat dengan berpartisipasi menjadi peserta program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu.

Dalam pelayanan KB gratis tersebut, juga digelar lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) dan Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), katanya.

Dia menjelaskan dalam pelayanan KB kali ini ada 80 warga yang berpartisipasi menjadi peserta KB dengan perincian 24 orang ibu-ibu mengikuti Program KB suntik, 46 KB implant, enam orang mengikuti Program KB kondom, serta empat orang mengikuti Program KB dengan mengonsumsi pil.

Program KB tersebut secara rutin akan terus digalakkan di kawasan permukiman penduduk seluruh wilayah kecamatan daerah ini, sehingga jumlah penduduk tidak mengalami pertumbuhan secara cepat atau tidak seimbang dengan laju pembangunan daerah, ujarnya.

Sementara salah seorang peserta KB, Rohima (41) mengatakan dirinya merasa sangat senang adanya kegiatan pelayanan KB gratis yang digelar BKBPP Muba ini.

"Pelayanan KB gratis ini sangat membantu masyarakat terutama dari keluarga miskin seperti saya ini, semoga program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu lebih sering digelar di wilayah permukimannya dan permukiman penduduk lainnya," ujarnya.