Juara Grand Prix Inggris

id balap mobil, Lewis Hamilton juara grand prix inggris

Juara Grand Prix Inggris

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Silverstone (ANTARA/AFP) - Lewis Hamilton berupaya menyandang gelar juara dunia Formula Satu musim ini dengan meraih kemenangan meyakinkan pada Grand Prix Inggris Raya yang diwarnai insiden dramatis di Silverstone, Minggu.

Pebalap Inggris Raya berusia 29 tahun itu memanfaatkan keuntungan dari tidak finisnya rekan setim Mercedes Nico Rosberg untuk pertama kalinya, karena masalah "gearbox", untuk mengurangi selisih keunggulan pebalap Jerman itu dalam perburuan gelar juara dunia menjadi empat angka.

Memacu kendaraannya dengan kecepatan yang luar biasa, juara dunia 2008 Hamilton mencapai finis 30 detik di depan posisi kedua Valtteri Bottas dari Finlandia di tim Williams, yang mengawali balapan dari posisi ke-14.

Ini merupakan kemenangan kedua Hamilton di negaranya sendiri, di Grand Prix Inggris Raya, yang kelima musim ini dan yang ke-27 selama karirnya, membuatnya setingkat dengan pebalap Inggris yang juara tiga kali Jackie Stewart dalam buku rekor.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo, dari tim Red Bull, mencapai finis di posisi ketiga, di depan juara 2009 asal Inggris Raya Jenson Button, dari tim McLaren, juara bertahan empat kali Sebastian Vettel dari Jerman di tim Red Bull, dan juara dua kali asal Spanyol Fernando Alonso dari Ferrari.

Rekan setim Alonso, Kimi Raikkonen, terlibat kecelakaan dalam kecepatan tinggi pada putaran pertama, yang menghentikan balapan itu selama satu jam.

Pebalap Finlandia itu kehilangan kendali menabrak pembatas lintasan dan bertubrukan dengan pebalap Brazil Felipe Massa dari tim Williams.

Keduanya bisa lolos dari cedera serius tapi Raikkonen, yang mobilnya rusak parah, berjalan pincang dan kemudian memerlukan pemeriksaan sinar-x pada pergelangan kaki kanannya. Massa juga terpaksa keluar karena mobilnya rusak.

Penerjemah: I. Suhirwandi