Kapolda tinjau panitia pemungutan suara OKU

id kapolda, tinjau rekap suara di oku

Kapolda tinjau panitia pemungutan suara OKU

Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution tinjau proses rekap suara Pemilu Presiden 2014 di OKU, Kamis (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Saud Usman Nasution meninjau kegiatan Panitia Pemungutan Suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu, guna memastikan pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu Presiden 2014 di wilayah itu.

"Saya ingin memastikan pelaksanaan rekap di Panitia Pemungutan Suara (PPS) wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) bisa berjalan sebagaimana mestinya dalam peraturan," kata Kapolda saat meninjau PPS di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan agar tidak ada kubu dari salah satu pasangan calon yang mengintimidasi dan berbuat curang.

"Tim sukses harus memberikan info yang sejuk kepada masyarakat agar suasana Pemilu Presiden tahun ini berjalan aman dan kondusif," katanya.

Ia berharap, seluruh masyarakat, khususnya di OKU agar tidak terpancing berbagai isu yang membuat suasana menjadi panas hingga terjadi perbuatan melanggar aturan.

"Saya imbau agar masyarakat mempercayakan kepada KPU sebagai panitia penyelenggara secara berjenjang untuk melaksanakan hasil rekapitulasi hingga final pada 22 Juli mendatang. Hasil penghitungan sementara boleh saja dicermati, namun kita tetap berpedoman pada keputusan KPU," jelasnya.

Untuk pengamanan, pihaknya tetap bekerja sama dengan satuan TNI hingga hasil rekapitulasi diumumkan oleh KPU untuk menciptakan suasana kondusif.

"Keamanan di Sumsel hingga saat ini kondusif, tidak ada laporan pidana yang masuk ke kita, baik itu dari masyarakat maupun Panwaslu," ungkapnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution memantau PPS di Kelurahan Baturaja Lama di dampingi Kapolres OKU AKBP Mulyadi dan Pejabat Bupati setempat H Kuryana Aziz beserta beberapa Unsur Muspida di daerah itu.

Kunjungan Kapolda meliputi empat Kabupaten di Sumsel yakni, Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Induk, OKU Selatan dan OKU Timur.