Tim anggar Indonesia bertolak ke Rusia

id anggar, tim anggar nasional

Tim anggar Indonesia bertolak ke Rusia

Atlet anggar Sumsel Reni Anggraini (Foto Antarasumsel.com/Dolly R)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Tim anggar nasional Indonesia yang diproyeksikan ke Asian Games  bertolak dari Jakarta ke Rusia, Kamis, untuk mengikuti Kejuaraan Dunia di Kazan, 15-22 Juli 2014.

"Hari ini yang diberangkatkan ke Rusia yakni Diah Permatasari (Jatim) dan Ima Safitri (Kalbar). Mereka akan bergabung dengan Reni Anggraini (Jatim) yang telah berangkat dua hari lalu mengikuti pemusatan latihan di sana," kata Pelatih Nasional Lucky Rhamdani yang turut dalam rombongan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Ia mengemukakan, selain ajang uji coba sebelum turun di Asian Games di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober 2014, keikutsertaan ini juga bermaksud memperbaiki peringkat Indonesia dalam rangking dunia FIE.

"Selama ini atlet yang dikirim selalu gagal setelah babak penyisihan, namun saya optimistis dengan atlet yang diturunkan kali ini, setidaknya bisa menembus babak 64 besar," ujar matan atlet nasional ini.

Ia optimistis karena dua atlet yakni Reni Anggraini dan Diah Permatasari merupakan peraih medali emas nomor sabre putri beregu pada SEA Games 2011 yang mengalahkan tim Vietnam (peringkat empat Asia).

Selain itu, Diah Permatasari telah mengecap arena Asian Games 2010 meski hanya menembus babak 32 besar.

"Semoga atlet fokus dan mampu memberikan yang terbaik di Kejuaraan Dunia dan puncaknya pada Asian Games," ujar peraih emas PON XV di Jatim 2010 ini.

Sementara, terkait target tim sabre putri pada Asian Games mendatang, ia enggan muluk-muluk mengingat ketatnya persaingan pada level Asia.

"Tiongkok dan Korea Selatan tentunya tidak bisa diganggu. Meski demikian, peluang masih ada untuk meraih perunggu," kata dia.

Sementara itu, Diah menyatakan telah siap secara fisik dan mental untuk pada kejuaraan dunia yang bakal diikuti sekitar 120 negara itu.

"Meski baru bergabung di pelatnas sejak sebulan lalu, pada prinsipnya sudah siap.

Harapannya bisa memberikan yang terbaik pada kejuaraan ini," kata peraih emas PON Riau tahun 2012 ini.

Sementara itu, prestasi terbaik anggar Indonesia pada kejuaraan dunia sebatas melewati babak pertama (penyisihan).

Sedangkan, pada pentas Asian Games yakni meraih perak atas nama Silvia Kristina Koeswandi pada 1990.