Dishub Sumsel siagakan mobil derek selama arus mudik

id mobil derek, persiapan arus mudik lebaran

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan akan menyiagakan mobil derek terutama di lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan untuk mengantisipasi arus mudik dan balik Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kami akan menyiagakan mobil derek untuk mengantisipasi bila terjadi kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Musni Wijaya kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Mobil derek tersebut akan ditempatkan di wilayah kabupaten/kota supaya arus lalu lintas kendaraan bila terjadi kecelakaan dan kemacetan dapat segera diantisipasi, kata dia.

Hal ini karena pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan kabupaten dan kota terutama persiapan mengahadapi arus mudik dan balik Idul Fitri.

Ketika ditanya daerah yang perlu siaga, dia mengatakan, di antaranya dataran tinggi karena kemungkinan terjadi longsor.

Begitu pula dataran rendah juga rawan seperti banjir sehingga perlu diantisipasi bersama sehingga arus mudik dan balik nanti berjalan lancar.

Yang jelas, pihaknya menginginkan arus lalu lintas kendaraan selama pulang pergi ke kampung halaman bagi masyarakat akan merayakan Idul Fitri bersama keluarga tidak ada hambatan.

Ketika ditanya mengenai kesiapan armada, sementara ini cukup guna mengantisipasi arus penumpang di Sumsel, namun dia tidak menyebutkan jumlahnya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya lonjakan penumpang di Sumsel belum terlalu berarti, sehingga tidak menjadi kendala untuk kendaraan, ujar dia.

Untuk angkutan darat sudah cukup untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik nanti.

Begitu juga angkutan udara tidak menjadi masalah karena pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait terutama di bidang angkutan.

Perjalanan mudik dan balik Indul Fitri 2014 diharapkan tidak mengalami hambatan dan lancar seperti tahun sebelumnya.