RSUD Baturaja dilengkapi fasilitas cuci darah

id rsud, rsud baturaja

RSUD Baturaja dilengkapi fasilitas cuci darah

RSUD Baturaja sudah dilengkapi fasilitas cuci darah (Foto Antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Soetowo Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah dilengkapi fasilitas pelayanan cuci darah atau Hemodialisa untuk mengatasi pasien yang mengidap penyakit kronis seperti gagal ginjal.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Soetowo Baturaja, Dr Harseno saat peresmian, Kamis mengatakan bahwa pelayanan cuci darah yang telah dibuka, karena permintaan dari sejumlah masyarakat mengeluhkan tidak adanya pelayanan tersebut selama ini.

"Dengan dibukanya pelayanan ini dapat memberikan yang terbaik bagi pasien hingga tidak perlu lagi harus ke Palembang untuk cuci darah, karena memakan waktu hingga lima jam perjalanan," katanya.

Dikatakannya, dari awal perencanaan dan realisasi layanan dibutuhkan waktu sekitar tiga tahun, karena terdapat beberapa kendala seperti pembangunan gedung, tidak adanya laboratorium kimia dan kesulitan pasokan listrik serta air bersih.

"Sejauh ini kendala yang kami hadapi adalah sulitnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM), karena harus ada supervisor dan dokter spesalis penyakit dalam," jelasnya.

Namun, kata dia, kendala tersebut bisa diatasi hingga mampu membuka pelayanan cuci darah untuk pasien penderita penyalit kronis seperti gagal ginjal akut dan kronis.

Dikemukakannya, hemodialisa (HD) didukung satu dokter spesialis, satu dokter spesialis penyakit dalam dan lima mesin seri terbaru, sehingga punya keunggulan pengaturaan pengambilan cairan," ungkapnya.

"Sudah terdapat 15 pasien yang mendaftar untuk pengobatan setelah lebaran nanti," kata Harseno.

Ia menambahkan, pihak rumah sakit saat ini sudah menerima pelayanan Jamkesda dan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan untuk masyarakat yang berobat gratis.

Peresmian Hemodialisa di RSUD Ibnu Soetowo Baturaja dilakukan oleh Pejabat Bupati OKU H Kuryana Aziz dihadiri beberapa Kepala Dinas dan unsur Muspida setempat.