Polda turunkan 3.400 personel pengamanan Idul Fitri

id polda, polda sumsel

Polda turunkan 3.400 personel pengamanan Idul Fitri

Apel operasi Ketupat 2014 (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menurunkan 3.400 orang personel yang tersebar di kabupaten dan kota untuk mengamankan arus mudik serta Idul Fitri.

Anggota itu nantinya akan menjaga daerah rawan kejahatan termasuk kawasan macet lalu lintas kendaraan, kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution kepada wartawan usai gelar pasukan pengamanan lebaran di Palembang, Senin.

Menurut Kapolda, anggotanya itu juga rutin melaksanakan patroli supaya lebaran 2014 ini berlangsung aman dan kondusif seperti sekarang ini.

Namun, walaupun aparat keamanan diturunkan tetapi masyarakat harus selalu waspada dalam berlebaran dan mudik serta balik dari kampung halaman nanti.

Menurut dia, kewaspadaan harus ditingkatkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Begitu juga dalam perjalanan harus berhati hati agar terhindar berbagai hambatan sehingga sampai ke tujuan dengan selamat.

Dalam mengantisipasi permasalahan yang akan timbul saat lebaran nanti pihaknya juga mendirikan posko pengamanan dan pelayanan khususnya bagi para pemudik ketika dalam perjalanan.

Jadi bila pengemudi kelelahan beristirahat terlebih dahulu di posko supaya sampai ke tujuan dengan selamat.

Memang, lanjut dia, pihaknya akan lebih mengutamakan pencegahan dalam mengantisipasi tindak kejahatan yang akan timbul.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, dalam memperlancar arus mudik dan balik lebaran pihaknya menyiapkan kendaraan darat, laut dan udara.

Selain itu pihaknya menurunkan petugas Dinas Perhubungan untuk mengantisipasi arus mudik dan balik Idul Fitri, katanya.