Pemudik melalui Bandara SMB II Palembang normal

id mudik lebaran melalui bandara normal, mudik, angkutan udara, pesawat, bandara

Pemudik melalui Bandara SMB II Palembang normal

Ilustrasi - Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia siap melayani pemudik Idul Fitri. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Pada kondisi sepekan menjelang hari besar keagamaan umat muslim itu tampak belum terjadi lonjakan penumpang di ruang kebekarangkatan seperti yang terjadi di sejumlah bandara lainnya...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pengguna jasa angkutan udara di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan yang mudik lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi sekarang ini masih normal seperti hari-hari biasa.

Pantauan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Senin, melaporkan pada kondisi sepekan menjelang hari besar keagamaan umat muslim itu tampak belum terjadi lonjakan penumpang di ruang kebekarangkatan seperti yang terjadi di sejumlah bandara lainnya.

Kursi yang terdapat di ruang tunggu bandara tersebut, masih cukup banyak kosong, bahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau mudik lebaran ke beberapa kota tujuan seperti Jakarta, Bandung, Batam, Pangkalpinang, dan Medan masih dapat dengan mudah mendapatkan tiket di loket bandara menjelang keberangkatan.

Salah seorang pemudik lebaran pengguna jasa angkutan udara Wahyu mengatakan, sepekan menjelang lebaran Idul Fitri sekarang ini, di Bandara SMB II Palembang belum menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah penumpang pesawat yang berarti.

"Sekarang ini masih cukup mudah mendapatkan tiket penerbangan ke Jakarta, satu hari menjelang keberangkatan masih bisa mendapatkan tiket dengan harga yang relatif murah yakni Rp451.000 per orang satu kali perjalanan," ujarnya.

Sementara menurut Aidil salah seorang petugas biro perjalanan wisata di Palembang, pengguna jasa angkutan udara seperti tahun-tahun sebelumnya mulai terjadi peningkatan tiga hari menjelang lebaran.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang sekarang ini, beberapa maskapai penerbangan berupaya menyiapkan beberapa penerbangan tambahan atau "extra flight", sehingga diharapkan pada arus mudik hingga balik lebaran tahun ini tidak ada penumpang yang telantar.

Maskapai penerbangan yang menyatakan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus mudik dan balik lebaran di Bandara SMB II Palembang di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citylink.

Maskapai penerbangan yang paling banyak menyediakan pesawat untuk pelayanan mudik, yakni Garuda Indonesia dengan 11 pesawat kemudian Lion Air dengan 11 pesawat, Citylink dan Sriwijaya Air tiga pesawat dengan jadwal penerbangan mulai pukul 05.45 - 22.55 WIB, katanya.