Usaha kue di Palembang jelang lebaran menjamur

id kue, usaha kue menjamur

Usaha kue di Palembang jelang lebaran menjamur

Usaha kue rumahan di Palembang jelang lebaran menjamur (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Usaha kue lebaran rumahan di Palembang, menjelang lebaran semakin menjamur seiring meningkatnya permintaan, sekaligus kesempatan meraih keuntungan yang lebih banyak.

Salah satu pelaku usaha kue rumahan, Helen di Palembang, Rabu mengungkapkan usaha kue lebaran yang ditekuninya memang membuahkan hasil sangat memuaskan.

"Keuntungannya bisa dua kali lipat dari hari-hari sebelum bulan Ramadhan, terlebih lagi sudah mendekati Idul Fitri," papar dia.

Menurut dia, omset penjualan aneka kue lebaran yakni mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Sementara, sistem pemasaran yang dilakoni pun cukup sederhana, hanya dengan blackberry messanger (BBM) dan social media lainnya pembeli pun berdatangan sendiri.

Ia mengatakan, cara lain yang dilakukannya adalah dengan sistem reseller. Dengan sistem reseller ia membuka peluang bagi orang-orang untuk mendapatkan keuntungan dari menjual produk kue miliknya.

"Dengan sistem reseler kue jadi lebih dekat dengan pembeli," kata ibu satu anak ini.

Sistem pemesanannya dibuat Pree Order (pesan dulu) sehingga modal yang ia keluarkan pun lebih ringan.

Dalam waktu satu bulan ia pun bisa memproduksi 150-200 toples pesanan kue kering dan 50 loyang pesanan kue basah.

"Kami pertahankan selera lama dan jaga kepercayaan konsumen dengan tidak menggunakan pengawet, pewarna buatan, dan bahan berbahaya," ujar pemilik usaha kue berlabel Ummi Helen ini.