Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka normal

id kapal cepat, mudik lebaran, lebaran, normal, ekspres bahari, ferry

Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka normal

Manajer Operasional Jetfoil Exspress Bahari Ferry Apriadi. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/14)

...Jumlah penumpang kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran 2014 ini belum terjadi peningkatan yang berarti, namun dari arah sebaliknya trennya mulai meningkat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah pengguna jasa angkutan laut kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada musim mudik Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi belum terjadi peningkatan atau masih dalam kondisi normal seperti biasanya.

Jumlah penumpang kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran 2014 ini belum terjadi peningkatan yang berarti, namun dari arah sebaliknya trennya mulai meningkat, kata Manajer Operasional Exspress Bahari, Ferry di Palembang, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan data keberangkatan kapal cepat melalui terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang pada beberapa hari terakhir terdapat 170 - 200 orang diseberangkan ke Pulau Bangka, jumlah penumpang tersebut tergolong normal atau hampir sama dengan kondisi hari biasanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada arus mudik lebaran, jumlah penumpang dari Palembang ke Pulau Bangka tidak mengalami peningkatan yang berarti sehingga tidak perlu melakukan persiapan secara maksimal atau menyiapkan kapal tambahan.

Namun pada kondisi arus balik awal Agustus nanti, diprediksi bisa terjadi peningkatan jumlah penumpang, karena warga dari sejumlah daerah Provinsi Sumatera Selatan yang merantau ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, setelah mudik lebaran biasanya balik membawa saudara atau teman untuk mencari kerja di Bangka dan beberapa daerah setempat lainnya, katanya.

Sementara petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Palembang, Apran mengatakan, pada arus mudik lebaran sekarang ini ada empat unit kapal cepat milik dua perusahaan pelayaran yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka.

Dalam kondisi musim mudik sekarang ini kapal cepat milik perusahaan Exspress Bahari dan Sumber Bangka, belum mengalami peningkatan jumlah penumpang seperti yang terjadi pada sejumlah daerah lain di Tanah Air, sehingga aktivitas pelayanan tetap bisa dilakukan secara normal seperti biasanya.

Meskipun tidak terjadi penumpukan penumpang, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, pihaknya bersama instansi terkait membuka posko mudik lebaran di sekitar area pelabuhan, ujarnya.