Dinkes lakukan tes urine pengemudi mudik lebaran

id urine, tes urine

Dinkes  lakukan tes urine pengemudi mudik lebaran

Tes Urine (Foto Antarasumsel.com/14/Nila Fuadi/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan akan melakukan tes urine bagi pengemudi kendaraan angkutan Lebaran untuk mengetahui apakah mengkonsumsi zat berbahaya termasuk alkohol.

Hal ini bila pengemudi mengkonsumsi zat berbahaya termasuk alkohol akan berbahaya bagi penumpang, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dr Fenty Aprina kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Pihaknya menginginkan penumpang yang akan pulang kampung untuk melaksanakan lebaran bersama keluarga selamat sampai tujuan.

Oleh karena itu tes urine penting supaya pengemudi yang akan menjalankan kendaraannya tidak ada meminum alkohol termasuk zat berbahaya.

Sehubungan itu pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk melaksanakan tes urine terutama di terminal utama.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Musni Wijaya mengatakan, memang tes urine penting bagi para pengemudi angkutan lebaran.

Apalagi pengemudi mobil angkutan antar provinsi yang menempuh perjalanan cukup jauh sehingga perlu bebas dari berbagai minuman yang berbahaya, kata dia.

Oleh karena itu tes akan dilaksanakan terutama di terminal utama yang diharapkan perjalanan mudik tidak mengalami hambatan.

Apalagi menghadapi lebaran ini biasanya sopir akan mengejar setoran tanpa memperhatikan keselamatan penumpang.