Permintaan cat jelang lebaran di Palembang meningkat

id bahan bangunan, cat, permintaan bahan bangunan meningkat, toko bangunan

Permintaan cat jelang lebaran di Palembang meningkat

Toko bahan bangunan di Palembang menyetok cat dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Permintaan cat sejak pertengahan Juli 2014 ini mengalami peningkatan hingga 30 persen...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan cat di toko bahan bangunan dalam Kota Palembang, Sumatera Selatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 mengalami peningkatan cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya.

Sejumlah pedagang bahan bangunan di Palembang, Jumat, mengatakan, permintaan bahan bangunan terutama cat mulai mengalami peningkatan sejak awal bulan suci Ramadhan, namun terjadi peningkatan yang lebih tinggi sepekan terakhir ini.

Pedagang bahan bangunan di kawasan Jalan Ahmad Yani Plaju, Lily mengatakan, permintaan cat sejak pertengahan Juli 2014 ini mengalami peningkatan hingga 30 persen.

"Sekarang ini penjualan cat setiap harinya bisa mencapai 65 kaleng atau galon, padahal sebelumnya paling banyak 40 kaleng per hari," ujarnya.

Untuk mengatasi peningkatan permintaan cat tersebut, pihaknya sejak sebulan sebelumnya atau Juni lalu telah menyiapkan stok dalam jumlah yang cukup banyak baik di toko maupun di gudang, katanya.

Sementara mengenai harga jual bahan bangunan itu, dia menjelaskan walaupun sekarang ini terjadi peningkatan permintaan masyarakat, harga jual cat masih tetap seperti biasanya.

Cat tembok kemasan kaleng isi lima kilogram kini harganya berkisar Rp50.000 hingga Rp115.000 per kaleng sesuai dengan merek dan kualitasnya, sedangkan cat dalam kemasan galon isi 25 kg dijual dengan harga mulai Rp315.000 hingga Rp475.000 per galon, kata Lily.

Sementara pedagang lainnya di kawasan Pasar Sekip Ujung, Denny mengatakan, menjelang Lebaran ini salah satu bahan bangunan yang paling banyak dibeli masyarakat adalah cat tembok, selain itu bahan bangunan lainnya yang kini tren permintaannya sedikit mengalami peningkatan adalah semen.

Peningkatan permintaan bahan bangunan tersebut dipengaruhi tradisi masyarakat setempat setiap menjelang hari besar keagamaan itu melakukan perbaikan ringan sehingga membutuhkan semen untuk menambal bagian dinding yang rusak dan merapikannya dengan cat.

Meskipun terjadi peningkatan permintaan bahan bangunan, tidak ada perubahan harga jual, sekarang ini cat dijual dengan harga berkisar Rp60.000 hingga Rp315.000 per kaleng/galon sesuai dengan merek dan ukuran isi kalengnya.

Sedangkan semen produksi lokal merek Semen Baturaja dijual dengan harga Rp65.000,- per zak dan semen dari luar seperti merek Holcim dan Semen Padang dijual dengan harga sedikit lebih murah yakni Rp63.500- Rp64.000 per zak, ujar pedagang bahan bangunan itu.