Permintaan pot bunga meningkat

id pot bunga, permintaan pot bunga, meningkat, pot

...Ppembeli pot di kiosnya sejak sepekan terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi dan mendekati Lebaran sekarang ini jumlahnya semakin banyak...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan pot bunga di kios pedagang bunga dan tanaman hias Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah mengalami peningkatan hingga 50 persen lebih dari kondisi hari biasanya.

Sejumlah pedagang bunga dan tanaman hias di sepanjang kawasan Jalan Demang Lebar Daun dan Simpang BLK Kenten Sako Palembang, Jumat, mengatakan, dalam beberapa hari terakhir permintaan pot bunga di kios mereka mengalami peningkatan.

Azwin salah seorang pemilik kios tanaman hias di Simpang BLK Kenten Sako mengatakan, pembeli pot di kiosnya sejak sepekan terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi dan mendekati Lebaran sekarang ini jumlahnya semakin banyak.

Biasanya setiap hari paling banyak mampu menjual 20 buah pot bunga, namun menjelang hari besar keagamaan umat muslim ini, bisa menjual 30 buah bahkan hari ini sudah menjual 35 buah pot ukuran sedang dan besar.

Pot bunga yang dijual ada yang berbentuk bulat, persegi empat, berbentuk khusus untuk digantung dan ditempel di dinding rumah atau pagar dengan ukuran sedang dan besar.

Harga jual pot tersebut bervariasi mulai dari Rp17.500 hingga Rp150.000 per buah, tergantung bentuk dan ukurannya.

Mengenai persediaan barang atau stok tidak masalah, karena sejak awal bulan suci Ramadan sudah mulai dipersiapkan dalam jumlah yang cukup banyak, sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya selalu terjadi peningkatan permintaan pot bunga.

"Selain menyediakan stok yang cukup, tiga pengerajin pot yang biasa mangkal di kiosnya itu juga bisa menerima pesanan pembuatan pot bunga dengan bentuk, motif, ukuran tertentu serta sesuai dengan warna yang diinginkan pembeli," kata Azwin.

Sementara pedagang tanaman hias lainnya yang memiliki kios di kawasan Demang Lebar Daun Hamdani mengatakan, menjelang Lebaran ini penjualan pot, bunga dan tanaman hias mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

"Permintaan pot, aneka jenis bunga dan tanaman hias akhir-akhir ini meningkat, peningkatan permintaan tersebut kemungkinan menjelang Lebaran warga kota ini berupaya mempercantik halaman rumahnya dengan menata bunga dan tanaman hias serta mengganti pot yang sudah rusak atau warnanya mulai kusam, ujar dia.