Harga emas naik

id emas, perdagangan emas

Harga emas naik

Koin emas (Reuters)

Chicago (ANTARA/Xinhua) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena pasar ekuitas AS melemah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus, naik 12,5 dolar AS atau 0,97 persen, menjadi menetap di 1.303,3 dolar AS per ounce.

Emas naik tajam sebagai reaksi terhadap penurunan indeks S&P 500 di Wall Street, menyebabkan investor kembali ke emas sebagai "safe haven".

Pedagang juga mempertimbangkan tanda-tanda meningkatnya kekerasan di Gaza, dan ketegangan geopolitik yang menyebabkan kenaikan lebih lanjut dalam logam mulia.

Keuntungan emas dibatasi oleh laporan positif Departemen Perdagangan AS pada Jumat yang menunjukkan bahwa pesanan barang tahan lama meningkat dalam penyesuaian secara musiman 0,7 persen menyusul penurunan satu persen pada Mei.

Perak untuk pengiriman September menguat 22,1 sen, atau 1,08 persen, menjadi 20,636 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 4,9 dolar AS, atau 0,33 persen, menjadi berakhir pada 1.478,6 dolar AS per ounce.

(T.A026/A. Suhendar)