Petugas kebersihan Baturaja disiagakan selama Lebaran

id kebersihan, petugas kebersihan

Petugas kebersihan Baturaja disiagakan selama Lebaran

Seorang petugas kebersihan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Belasan orang petugas kebersihan Dinas Kebersihan Kota, Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan tetap bekerja 24 jam pada Idul Fitri 1435 Hijriah.

Belasan petugas kebersihan ini disiagakan 24 jam untuk menanggulangi kemungkinan penumpukan sampah, terutama selama lebaran, kata Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Kota (DKK) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Satri Jasulman di Baturaja, Sabtu..

Menurut dia, pada Idul Fitri nanti pihaknya menyiagakan 18 orang petugas kebersihan terdiri atas sopir dan petugas angkutan sampah yang diperkuat tiga unit mobil sampah.

Sejumlah armada mobil sampah itu antara lain disiagakan di rumah dinas bupati dan komplek Islamic Center lokasi tempat berlangsungnya shalat Idul Fitri dan di pasar tradisional, katanya.

Para petugas kebersihan ini disiagakan saat hari libur, sehingga akan diberikan penghasilan tambahan atau uang lembur sebesar Rp75 ribu per orang per hari untuk sopir dan Rp50 ribu bagi petugas kebersihan per hari selama tiga hari.

Ia berharap, seluruh sampah warga Baturaja bisa terangkut saat lebaran nanti.

Satri menjelaskan, jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya biasanya volume sampah akan mengalami peningkatan hingga 15-25 persen dari hari biasa, bahkan diperkirakan tumpukan sampah akan mencapai 85 kubik per hari saat Idul Fitri nanti.

Sementara, sampah-sampah itu banyak berasal dari pusat jajanan, taman kota dan pasar tradisional di Baturaja. Untuk jenis sampah yang banyak dibuang warga selama Ramadhan adalah jenis kulit buah-buahan, plastik dan kulit makanan organik, katanya.