Gubernur: masyarakat pelihara hubungan umat beragama

id gubernur, alex noerdin

Gubernur: masyarakat pelihara hubungan umat beragama

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto antarasumsel.com.Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengajak masyarakat untuk bersama - sama memelihara dan memperteguh kerukunan umat beragama.

Mari bangun ukhuwah Islamiayah sekaligus Ukhuwah Watoniah, kata gubenur saat melaksanaan sholat Idul Fitri di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, ajakan juga disampaikan kepada umat beragama lain sehingga kerukunan umat beragama semakin harmonis.

Apalagi dihari fitri yang penuh kesucian, kedamaian sehingga kerukunan umat beragama semakin tercipta.

Menurut dia, agama Islam mengajarkan agar kemiskinan, kebodohan dibasmi dan diberantas.

Jadi keadilan wajib ditegakan agar kemakmuran dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

Ibadah puasa selain dapat membangun kesalehan sosial juga menjadi bulan tarbiyah, bulan mengandung nilai pendidikan, melatih diri untuk menjadi manusia tidak diperbudak nafsu duniawi, ujar dia.

Mari disambut Idul Fitri ini dengan kegembiraan, penuh keihlasan dengan selalu mengharapkan ampunan dan terus meningkatkan keimanan.

Dalam kesempatan itu gubernur juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan Musabaqoh Tilawatil Quran pada 21 hingga 28 September 2014.

MTQ internasional sendiri akan diikuti utusan 53 negara dengan cabang yang diperlombahkan Tilawah dan Tahfizh 30 Juz.

Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan,pada hari kemenangan ini hendaknya dapat diaflikasikan dalam kehidupan sehari hari.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan MTQ Internasional sehingga berjalan lancar.

Pada sholat Idul Fitri yang diikuti ribuan umat muslim itu H A Zainal Umari sebagai khotib dan HA Nawawi Dencik selaku imam.