Pelanggan Telkomsel dominan gunakan layanan data

id telkomsel, pelanggan telkomsel

Pelanggan Telkomsel dominan gunakan layanan data

Bambang Supriogo (Foto Antarasumsel.com/14/IST/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelanggan Telkomsel dominan menggunakan layanan data pada saat Idul Fitri 2014, karena banyak yang mengucapkan "Selamat Hari Raya" melalui akses video streaming maupun jejaring sosial hingga memanfaatkan beragam layanan chat messange.

Secara nasional jika dibandingkan tahun lalu, Sumatera merupakan wilayah dengan tingkat kenaikan penggunaan data tertinggi hingga lebih dari 169 persen yakni sekitar 165 terabytes, kata Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel, Bambang Supriogo di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peningkatan trafik data di periode lebaran salah satunya disebabkan karena semakin banyak pelanggan yang mengucapkan "Selamat Hari Raya dan mohon maaf lahir batin" melalui akses video streaming, maupun jejaring sosial hingga memanfaatkan beragam layanan chat messange.

"Semakin berkembangnya teknologi yang diiringi dengan inovasi layanan yang dilakukan, membuat pelanggan memiliki berbagai pilihan dalam bersilaturahmi melalui akses telekomunikasi selular, salah satunya adalah layanan data," katanya.

Ia mengatakan, tingginya pemanfaatan layanan data di saat lebaran merupakan wujud tingginya kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan kapasitas jaringan broadband Telkomsel.

Ia menyatakan, puncak trafik SMS Telkomsel di Sumatera mulai satu hari sebelum lebaran sudah mengalami kenaikan signifikan hingga saat hari H lebaran (28 Juli 2014).

Rata-rata SMS yang dilayani Telkomsel mencapai 266 juta SMS per hari dan jumlah ini meningkat sekitar 23 persen dari jumlah SMS di hari biasa, ujarnya.

Ia menyatakan, kondisi tersebut mencerminkan performansi layanan komunikasi Telkomsel dalam kondisi yang sangat optimal saat hari H lebaran.

Ia menuturkan, puncak trafik SMS tertinggi adalah pada hari H lebaran yakni 28 Juli 2014, sekitar pukul 21.00 WIB, hal ini dikarenakan pada jam tersebut pelanggan memanfaatkan momen untuk berikirim sms ucapan "selamat hari raya Idul Fitri 1434 H".

Lonjakan trafik SMS tersebut telah dilayani dengan baik karena sudah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas yang sanggup memproses lonjakan tersebut.

Berbeda dengan layanan data dan SMS, kecendrungan pengguna selular untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri menggunakan layanan suara dengan menelepon satu sama lain tidak mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan hari normal biasa.

Melengkapi suksesi melayani pelanggan dari sisi jaringan perusahaan itu juga menyiapkan posko siaga yang merupakan sinergi dengan berbagai mitra seperti ATPM Ponsel, retail outlet, termasuk juga dengan kepolisian pada sejumlah titik di Sumatera terutama pada pusat keramaian masyarakat berupa posko mudik dan posko wisata, katanya.