Dinkes Mura imbau pemudik gunakan masker

id masker, hindari debu

Dinkes Mura imbau pemudik gunakan masker

Masker (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan,mengimbau seluruh pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk memakai masker karena peralihan cuaca saat ini kondisinya sangat terik, sehingga menimbulkan debu-debu di jalan cukup banyak.

Debu jalan yang berterbangan itu sangat rawan menyebabkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), untuk mengantisipasinya selain menggunakan masker juga helem bertutup kaca, kata Kepala Dinas Kesehatan Musirawas melalui Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Reynaldi, Rabu.

Menurut pengamatan di lapangan, lanjut dia ada sejumlah pemudik yang berkendraan roda dua tidak mengenakan masker, meskipun wajahnya hanya ditutupi kaca dari helem yang dikenakan. namun debu-debu di jalan tetap terhirup dan dikhwatirkan berdampak terhadap kesehatan.

Apa lagi cuaca sekarang cukup panas, ketika mudik bermotor jalan-jalan padat akan aktivitas sehingga debu di jalanan beterbangan yang tentunya sangat mengganggu kesehatan, khsusnya pandangan mata saat mengemudi.

Bagi pemudik yang merasa kesehatannya terganggu bisa minta bantuan pada Puskesmas yang menjadi posko saat ini jumlahnya mencapai 16 Puskesmas, enam di antaranya berada di sepanjang jalan Lintas Sumatera di wilayah Musirawas.

"Kita sebelumnya sudah mengimbau kepada pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor agar menggunakan penutup mulut (Masker) untuk menghindari debu jalan dan udara polusi lainnya," katanya.

Imbauan serupa juga disampaikan Kapolres Musirawas AKBP Chaidir kepada pemudik yang melintasi jalur rawan di Jalan Lintas Sumatera agar berkelompok untuk menghindari ancaman kriminal dan harus mematuhi rambu-rambu berlalu lintas.