OCA setujui Asian Games di Sumatera Selatan

id koni pusat, rita subowo

OCA setujui Asian Games di Sumatera Selatan

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Sabah menyetujui pelaksanaan Asian Games 2019 di Indonesia dengan dua lokasi penyelenggara yakni Sumatera Selatan dan DKI Jakarta.

Presiden OCA menyampaikan persetujuan terhadap Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games saat pertemuan Gubernur Sumsel Alex Noerdin berserta Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo di Kuwait beberapa hari lalu, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel Irene Camlyn Sinaga di Palembang, Kamis.

Dia mengatan bahwa Ketua KOI menyampaikan kesungguhan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games.

Dengan memastikan bahwa ada dua provinsi sebagai penyelenggara yakni Sumatera Selatan dan DKI Jakarta akan turut mendukung kesuksesan pagelaran olahraga terbesar di Asia tersebut.

Dalam pernyataannya sendiri Rita Subowo yang mewakili Indonesia menyampaikan kesungguhan dan komitmen sebagai tuan rumah untuk bekerja keras dan memberikan garansi kesungguhan dan dukungan baik politis, keamanan maupun pendanaannya.

"Baik Sumsel maupun Jakarta sama sama menyatakan kesiapan untuk turut mendukung sebagai provinsi pelaksana Asian Games tersebut," ujarnya.

Karo Humas juga menyampaikan bahwa pesta olahraga internasional itu tidak memungkinkan diselenggarakan pada satu provinsi saja sehingga dipilih Sumsel dan DKI Jakarta.

OCA sendiri akan melakukan penilaian kembali ke Indonesia dengan melakukan kunjungan, kata dia.

Salah satu hal penting yang menjadi penilaian provinsi tuan rumah nantinya yakni ketersediaan sarana pertandingan untuk cabang olahraga katagori Olympic, ujar dia.

Sementara Sumsel sendiri telah memiliki ketersediaan fasilitas pertandingan tersebut seperti renang, menembak, atletik dan lain sebagainya dengan standar internasional.

Yang jelas Sumsel siap menjadi tuan rumah Asian Games karena sudah berpengalaman dalam berbagai pertandingan internasional seperti SEA Games, Ismalic Solidarity Games serta lainnya.