Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka belum ramai

id kapal cepat, arus balik, mudik lebaran, lebaran

Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka belum ramai

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi normal. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Penumpang kapal cepat di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan untuk keberangkatan tujuan Palembang-Mentok, Bangka Belitung satu hari seusai Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah terlihat masih belum ramai.

Petugas Pos Penjagaan Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Apran di Palembang, Rabu, mengatakan, kondisi penumpang untuk keberangkatan kapal cepat pada arus balik H+1 Lebaran ini masih dalam kondisi normal seperti hari biasanya.

Dari tiga kapal cepat Express Bahari dan Sumber Bangka yang beroperasi melayani rute pelayaran Boom Baru Palembang-Muntok Banka pada arus balik Lebaran sekarang ini paling banyak terisi 50 persen dari tempat duduk yang tersedia.

Kondisi lonjakan penumpang pada arus balik di Terminal Penumpang Boom Baru Palembang, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya diperkirakan mulai terjadi pada H+3 Lebaran atau pada Jumat (1/8), kata petugas dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) itu.

Sementara Manajer Operasional Express Bahari, Ferry Apriadi menjelaskan, pada musim mudik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 ini pihaknya menyiapkan tiga armada kapal cepat untuk mengatasi lonjakan penumpang pada rute Palembang-Bangka.

"Kapal Express Bahari yang biasanya hanya satu yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka, kini disiapkan tiga armada yang sewaktu-waktu dioperasikan untuk mengatasi lonjakan penumpang seperti yang dilakukan pada puncak arus mudik 25-27 Juli lalu," ujarnya.

Pengoperasian dua kapal tambahan itu, pada arus balik Lebaran ini akan disesuaikan dengan kondisi penumpang.

Dalam kondisi pelayanan terhadap pemudik, pihaknya berupaya memberikan sesuatu yang terbaik kepada masyarakat yang memanfaatkan jasa angkutan laut kapal cepat.

Dengan diturunkannya dua armada kapal tambahan itu, diharapkan semua masyarakat yang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan maupun dari Pelabuhan Muntok Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilayani dengan baik.

Sementara mengenai tarif tiket untuk musim mudik Lebaran 2014 ini, pihaknya memberlakukan tarif baru dengan kenaikan sekitar Rp35.000 per orang.

Untuk tiket kelas VIP ditetapkan sebesar Rp300.000 per orang dewasa dan Rp250.000 untuk anak-anak, kelas Eksekutif Rp250.000 per orang dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak, serta kelas Bisnis ditetapkan Rp225.000 per orang dewasa dan Rp185.000 untuk anak-anak, kata Ferry.